31 C
Kudus
Jumat, Maret 29, 2024

Ganjar Ingin Proyek Waduk Mrica-DAS Serayu dan Air Bersih Karimunjawa Segera Diselesaikan

BETANEWS.ID, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ingin beberapa pekerjaan penting di Jawa Tengah dilakukan percepatan. Proyek itu adalah penanganan Waduk Mrica, Daerah Aliran Sungai (DAS) Serayu, dan pengadaan sumber air bersih di Karimunjawa.

“Hari ini tim dari Kemenko Marves datang untuk berkoordinasi soal itu, agar kita bisa merencanakan untuk disiapkan rencana anggarannya. Jadi nanti akan dibantu oleh (pemerintah) pusat,” kata Ganjar di rumah dinas Puri Gedeh, Jumat (19/8/2022).

Ganjar menjelaskan, penanganan di sekitar Sungai Serayu sampai saat ini sudah dilakukan pemetaan lapangan. Awalnya ada protes dari masyarakat terkait dugaan pencemaran karena banyak ikan yang mati. Setelah didalami ternyata itu disebabkan oleh sedimentasi aliran sungai sehingga membuat ikan tidak bisa bernafas dalam lumpur dan mati.

Baca juga: Patirtan Cabean Kunti Diproyeksikan Jadi Pusat Konservasi Mata Air

“Kita coba selesaikan. Nah sedimentasi yang ada di Mrica kita minta untuk diselesaikan. Juga seluruh jalur mulai dari Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas sampai muaranya di Cilacap dibersihkan,” jelasnya.

Menurutnya, tim dari Kemenko Marves sudah turun ke lapangan untuk mengumpulkan data dan sejumlah kepala daerah yang dilewati sungai Serayu. Hasil pertemuan itu semua bupati mendukung adanya penanganan sedimentasi DAS Serayu. 

“Nah sekarang kita membuat rencana aksi untuk menyelesaikan itu. Menurut saya ini gagasan yang bagus sampai ditarik ke hulunya di Wonosobo dan beberapa di Temanggung. Maka kita musti kerja sama untuk membereskan itu. Ini yang hari ini musti kita kerjakan secara bersama-sama,” katanya.

Selain Waduk Mrica dan DAS Serayu, koordinasi itu juga terkait pengadaan sumber air bersih di Karimunjawa yang sampai saat ini masih terkendala pengadaan tanah. Selama ini pembagian tugas sudah dilakukan dan untuk pengadaan tanah diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Jepara.

Baca juga: Cek Proyek yang Didanai Banprov, Ganjar : ‘Jangan Ada yang Nakal, Kalau Dikorupsi Tak Gajul’

“Di sana masih ada satu PR yang menjadi perhatian pemerintah pusat, khususnya Menko Marves ini adalah suplai air bersih di sana. Kita minta untuk dilakukan percepatan. Jadi ini memang agak lama karena baru akan dilakukan tahun depan,” ungkapnya.

Maka dari itu, Ganjar meminta agar segera dilakukan percepatan. Paling tidak tahun ini sudah dimulai sehingga pada tahun 2023 proyek sudah bisa dikerjakan dan selesai pada tahun 2024 sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga berpesan kepada tim dari Kemenko Marves untuk bersama membereskan area-area yang terkena rob. Salah satu di antaranya adalah penyelesaian tol Semarang-Demak dan pekerjaan di Pekalongan.

“Bagaimana kita mengelola area-area yang ada di sekitarnya. Ya penduduknya, ya vegetasi di sana, ya nilai ekonomi yang musti ditumbuhkan di sana, termasuk pelibatan masyarakat. Itu yang penting,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
133,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER