31 C
Kudus
Senin, Mei 27, 2024

Dapat Laporan dari Warga, Bupati Kudus Langsung Sidak Tempat Karaoke yang Masih Nekat Beroperasi

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus begitu gencar merazia keberadaan tempat karaoke yang masih saja membandel untuk beroperasi. Bahkan, Bupati Kudus HM Hartopo ikut turun langsung untuk menyidak tempat karaoke yang meresahkan masyarakat. Sidak yang dilakukan bupati itu pun diabadikan oleh seseorang berupa video.

Saat dikonfirmasi, Hartopo membenarkan adanya sidak tempat karaoke tersebut. Tempat karaoke yang disidak lokasinya berada di rumah toko (Ruko) depan Universitas Muria Kudus (UMK), yang tak jauh dari kediaman Sang Bupati yang berada di Komplek Perumahan Muria Indah.

Baca juga: Nekad Beroperasi, Satpol PP Kudus Sita Barang-Barang Milik Tempat Karaoke

-Advertisement-

“Ya benar, saya bersama Satpol PP sidak tempat karaoke di depan UMK. Kejadiannya Sabtu Malam sekitar pukul 23.00 WIB,” ujar Hartopo kepada awak media.

Sidak tersebut, lanjut Hartopo, berawal dari laporan masyarakat. Bahwa, tempat tersebut sering digunakan untuk bernyanyi, ada pemandu karaoke serta banyak orang yang mabuk. Selain itu, juga sering terjadi pemalakan dan orang muntah karena mabuk, efek dari minuman keras.

“Padahal tempat itu kan sekitaran kampus yang harusnya tempat para pelajar, malah ada tempat karaoke yang membuat lingkungan tidak baik,” geramnya.

Oleh sebab itu, saat diwaduli warga, Bupati Kudus yang pulang dari Jepara langsung mengeceknya. Ternyata benar, terdengar musik dan orang bernyanyi. Kemudian, ia pun menghubungi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk lakukan sidak.

Saat di lokasi langsung dilakukan pemeriksaan. Didapati beberapa orang dalam pengaruh minuman keras. Ada juga pemandu karaoke, sekitar lima orang.

“Saat itu orang yang ada di sana, saya minta untuk dibawa ke Kantor Satpol PP untuk dilakukan pembinaan. Serta peralatannya semua disita dan tempatnya kita tutup,” tegasnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Satpol PP Kabupaten Kudus yakni Kholid Seif mengatakan, dalam sidak tersebut, ada lima orang yang diamankan untuk diberikan pembinaan. Yakni terdiri dari tiga PK, satu kasir dan satu pengelola.

Baca juga: Soal Penyegelan Tempat Karaoke, Bupati Kudus : ‘Kalau Dibiarkan Ini Makin Berkembang’

Selain itu, turut diamankan satu unit televisi 29 inch, satu unit spiker aktif, dua microphone, crosoped power dua unit serta satu unit mixer.

Penindakan tersebut, tuturnya, merupakan bagian penegakan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 10 Tahun 2015 tentang Usaha Hiburan, Diskotek, Kelab Malam, Pub dan Penataam Hiburan Karaoke. Serta Perda Nomor 14 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat.

“Kami akan selalu melaksanakan kegiatan operasi di tempat karaoke lain yang masih nekat beroperasi. Saya juga meminta masyarakat untuk melapor jika mendapati tempat karaoke beroperasi,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER