31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Harga Pertalite Ecer di Kudus Capai Rp10 Ribu per Liter

BETANEWS.ID, KUDUS – Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite masih banyak ditemukan di Kabupaten Kudus, meski Pertamina telah melarang bensin tersebut dijual secara ecer. Padahal, pembelian Pertalite menggunakan jeriken sudah tidak boleh dilakukan sesuai dengan Kepmen ESDM Nomor 37 Tahun 2022.

Pantauan lapangan, puluhan Pertamini yang notebene penjual BBM ecer, masih bisa mendapatkan dan menjual Pertalite. Pada monitor mesin pengisian BBM tertulis harga Pertalite Rp9.500 per liter. Di tepi Jalan UMK Kudus juga terlihat beberapa penjual BBM ecer jenis Pertalite dengan botol, harganya Rp10 ribu per liter.

Salah satu warga Rudi (46) mengatakan, sejak Pemerintah menaikkan harga Pertamax, Pertalite di pengecer juga naik. Sekarang harga bahan bakar bersubsidi tersebut menyentuh Rp10 ribu per liter.

-Advertisement-

Baca juga: Beli Pertalite dan Solar Wajib Pakai Aplikasi MyPertamina, Ternyata Alasannya Karena Ini

“Padahal mereka beli Pertalite dari SPBU kan harganya Rp7.650 per liter. Jika para pengecer itu jual Rp8.500 sudah untung, maksimal Rp9 ribu per liter mereka sangat untung,” ujar Rudi kepada Betanews.id, Jumat (1/7/2022).

Warga Desa Loram Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus itu juga pernah menanyakan kepada penjual BBM ecer soal harga tersebut. Penjual itu menjawab, karena sekarang tidak bisa membeli Pertalite dengan jeriken.

“Penjual tersebut mengaku, sekarang kalau mau beli Pertalite harus pakai mobil makanya harganya Rp10 ribu seliter,” ungkapnya.

Baca juga: Pertamina Pastikan Aman Gunakan Ponsel di SPBU

Dia pun mengaku, setuju saja jika Pemerintah membuat kebijakan pembelian Pertalite itu harus menggunakan aplikasi MyPertamina. Sebab, selama ini banyak oknum masyarakat yang curang. Padahal mereka tahu Pertalite itu untuk warga kelas menengah ke bawah. Namun, nyatanya, banyak orang kaya bermobil ikut membeli Pertalite.

“Saya sangat setuju adanya pemberlakuan pembelian Pertalite di SPBU menggunakan aplikasi MyPertamina. Sebab jika tidak begitu, keenakan orang-orang kaya,” pungkas Rudy.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER