31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Bupati dan Puluhan Pejabat di Kudus Dites Urine, Ada Apa?

BETANEWS.ID, KUDUS – Bupati Kudus Hartopo dan puluhan pejabat tinggi di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus lakukan tes urine di Pendapa Kudus, Rabu (27/7/2022). Tes yang digelar Badan Narkotika Nasional (BNN) Jawa Tengah itu untuk memastikan mereka menggunakan narkoba atau tidak.

Kesempatan pertama tes urine dilakukan oleh Bupati Kudus dan kemudian Sekretraris Daerah (Sekda) Sam’ani Intakoris. Setelah selesai, dalam lima menit hasil tes urine Bupati dan Sekda pun diumumkan oleh petugas dan hasilnya negatif.

Ditemui usai tes, Hartopo mendukung tes urine di kalangan aparatur sipil negara (ASN). Bahkan, bupati meminta tahun depan tes diadakan secara periodik. Paling tidak tiga kali dalam satu tahun, sehingga pemantauan peredaran narkoba dilakukan terus menerus.

-Advertisement-

Baca juga: Rentan Jadi Sasaran Pengedar Narkoba, Polres Kudus Edukasi Sopir Truk

“Kalau bisa tahun depan diadakan tiga kali dalam setahun. Sehingga terpantau dan kalau ada peredaran narkoba segera diketahui,” ujar Hartopo.

Dia mengatakan, Jumlah pengguna narkoba setiap tahun terus meningkat. Fakta itu menjadi tantangan untuk memberantas peredaran narkoba. Makanya, Pemkab Kudus terus berkomitmen untuk berperang dengan narkoba terutama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus.

“Data BNN menunjukkan, terjadi kenaikan jumlah pengguna narkoba selama pandemi Covid-19. Ini menjadi PR kita bersama untuk bersama melawan narkoba,” bebernya.

Sementara itu, perwakilan BNN Jateng Ginung Yudianto menjamin tes urine yang dilakukan efektif. Ginung pun menyambut baik kerja sama berkelanjutan dengan Badan Kesbangpol Kudus.

Baca juga: Kasus Narkoba di Solo Tertinggi Kedua di Jawa Tengah

“Kami siap bersinergi bersama Badan Kesbangpol Kudus,” paparnya.

Plt Badan Kesbangpol Kudus Harso Widodo menjelaskan, terdapat 75 pejabat yang mengikuti tes urine kali ini. Beberapa di antaranya adalah Sekda Kudus, Asisten Sekda, kepala dinas hingga camat. Kegiatan dilaksanakan untuk memperingati Hari Anti Narkotika Internasional dan bagian dari revolusi mental.

“Kegiatan seminar ini salah satu bagian dari revolusi mental,” pungkas Harso.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER