31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaSEMARANGDEMAKPemerintah Akan Bangun...

Pemerintah Akan Bangun Tanggul Laut 15 Km untuk Atasi Rob di Demak

BETANEWS.ID, DEMAK – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membangun tanggul laut sepanjang kurang lebih 15 kilometer untuk mengatasi rob di Demak. Tanggul tersebut akan menghubungkan empat kecamatan, yakni Sayung, Karangtengah, Bonang, dan Wedung.

Bupati Demak Eisti’anah mengatakan, saat ini pihaknya masih menghitung anggaran untuk membangun tanggul laut tersebut. Berdasarkan itungan kasar, dana yang akan digunakan berkisar Rp150 miliar.

“Kita usulkan untuk membuat tanggul laut. Kita punya jalan Kabupaten yang akan kita hidupkan lagi dan nantinya akan menjadi tanggul laut untu daerah-daerah yang ada di dalamnya. Semoga di tahun 2023 bisa terealisasi,” kata Eisti’anah usai menerima kunjungan kerja Dirjen Sumber Daya Air, Kementerian PUPR di lokasi rob Desa Timbulsloko, Kecamatan Sayung, beberapa waktu lalu.

- Ads Banner -

Baca juga: Sebut Tol Semarang-Demak Istimewa, Jokowi: ‘Ini Solusi Atasi Macet Sekaligus Jadi Tanggul Laut’

Eisti mengungkapkan, selama ini dalam penanganan rob, pihak Pemkab hanya bisa melakukan peninggian jalan. Namun, hanya dalam hitungan satu atau dua tahun, jalan tersebut kembali terendam.

“Jadi memang kendalanya, jalan sering dibangun atau dilakukan peninggian jalan, tetapi selisih satu atau dua tahun sudah tenggelam,” bebernya.

Direktur Pengairan dan Irigasi Kemen PUPR Abdul Malik mengatakan, pihaknya  akan membantu mulai dari periode desainnya dengan memanfaatkan trase jalan Kabupaten Demak untuk menjadi tanggul. Dirinya berharap, periode desainnya bisa usai pada 2023.

Baca juga: Sebut Tol Semarang-Demak Istimewa, Jokowi: ‘Ini Solusi Atasi Macet Sekaligus Jadi Tanggul Laut’

“Tentu karena skala permasalahan sudah menahun, kita harus berhati-hati dalam mendesainnya dan melakukan sesuatu yang cost effective. Mudah-mudahan dengan dukungan kerja sama, dari Pemkab Demak, Pemprov Jateng, Kementerian PUPR bersama Bappenas juga akan kita tangani aksinya di sini,” jelasnya.

Lebih lanjut Abdul Malik mengatakan, dampak dari rob di Demak, juga masuk dalam fokus perhatian nasional, karena ini bagian dari Pengendalian Terpadu Pantai Utara Jawa.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler