31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaKISAHKisah Fajar, Siswa...

Kisah Fajar, Siswa Tak Mampu Lulusan SMKN Jateng Ini Bisa Kerja di Perusahaan Tambang Terbesar

BETANEWS.ID, SEMARANG – Masih ingat Fajar Jaka Surya? Siswa yang pernah viral gegara mengirim surat kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo itu kini rupanya telah diterima kerja di PT Bukit Makmur Mandiri Utama (Buma).

Pria asal Kabupaten Pemalang itu telah menyelesaikan pendidikannya di SMK Negeri Jawa Tengah di Semarang tahun ini. Namun, ia tidak bisa mengikuti kegiatan pelepasan dan wisuda di sekolahnya karena sudah berada di perusahaan tambang batubara terbesar kedua di Indonesia itu. Kehadirannya dalam penyematan kelulusan diwakilkan oleh ibunya, Darini.

Saat dihubungi via telpon selulernya, Fajar bersyukur dirinya telah diterima bekerja perusahaan yang berada di Kalimantan Timur itu. 

- Ads Banner -

Baca juga: 80 Persen Lulusan SMKN Jateng 2022 Langsung Diterima Kerja di Perusahaan

Alhamdulillah saya susah diterima bekerja di PT Buma Kalimantan Timur. Saya sampaikan terima kasih kepada Pak Gubernur Ganjar dan Pemprov yang telah memberi fasilitas pendidikan untuk saya,” ujarnya.

Menurutnya, SMKN Jateng merupakan jalan bagi anak-anak yang kurang beruntung untuk tetap mendapatkan kesempatan pendidikan. 

“Terima kasih juga karena saya sekolah tanpa biaya sepeserpun, alias gratis,” paparnya.

Kesannya selama menjadi siswa di SMKN Jateng, Fajar banyak sekali mendapatkan pendidikan karakter. Hal itu sangat membantu dirinya dalam menghadapi dunia kerja.

“Penting bagi saya adalah pendidikan karakter yang sangat kuat di SMKN Jateng. Sehingga saya siap dalam menghadapi dunia kerja,” imbuhnya.

Baca juga: Gratiskan Sekolah SMA/SMK/SLB, Pemprov Jateng Tahun Ini Gelontorkan Rp769,7 M

Di sisi lain, Darini mengaku terharu dan bahagia anak ke tiganya itu telah menuntaskan pendidikan di tingkat menengah kejuruan. Bahkan, saat ini telah diterima bekerja di perusahaan.

“Ya senang, anak sudah lulus. Sekarang sudah kerja di Kalimantan,” tuturnya.

SMKN Jateng, baginya, mampu mewujudkan harapannya sebagai seorang ibu. Sebab, selama ini ia sendiri menghidupi keluarga, setelah suaminya meninggal dunia saat Fajar masih duduk di bangku SD.

“Di sini gratis, kalau tidak gratis mungkin saya tidak bisa (menyekolahkan). Suami sudah meninggal sejak Fajar masih SD,” ungkapnya.

Menurutnya, Fajar sejak bersekolah di SMKN Jateng mengalami perubahan perilaku yang baik. Seperti disiplin, rajin beribadah dan sopan.

“Iya lebih baik. Salatnya rajin dan sopan,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler