31 C
Kudus
Jumat, Agustus 12, 2022
spot_img
BerandaSOLODe'Tjolomadoe Batal Jadi...

De’Tjolomadoe Batal Jadi Venue Tenis Meja APG XI 2022, Ternyata Dipakai Konser Tulus

BETANEWS.ID, SOLO – Venue De’ Tjolomadoe batal menjadi lokasi pertandingan cabang olahraga tenis meja ASEAN Para Games 2022. Usut punya usut, lokasi tersebut ternyata dipakai konser Tulus.

Hal ini diketahui saat Sekretaris Jenderal National Paralympic Comittee (NPC) Indonesia Rima Ferdianto dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menemui Menteri BUMN Erik Tohir, di Jakarta. Dalam koordinasi itu, rupanya sehari sebelum cabor tenis meja dipertandingkan, De’ Tjolomadoe dipakai untuk konser Tulus.

“Ternyata tanggal 29 Juli akan dipakai konser. Nah ternyata itu sudah dijual tiketnya. Kita tidak ada masalah apabila nanti setelah Tulus, selesai kita mbongkar karpet, tapi ternyata mbongkar karpetnya butuh 7 hari,” beber Rima saat jumpa pers di Kantor NPC Solo, Jumat (24/6/2022).

- Ads Banner -

Mengetahui hal tersebut, Rima mengatakan bahwa Gibran langsung mengatakan kepada Erick Tohir untuk mencari alternatif venue yang dapat digunakan. Saat ini, pihaknya punya alternatif tiga tempat, yaitu Auditorium UNS, Diamond Convention Hall yang dipakai cabor tenis meja APG 2011, dan Tirtonadi Sport Hall.

Baca juga: Tidak Cukup Waktu untuk Bangun Kolam Baru, Venue Renang APG XI Pindah di Jatidiri Semarang

“Tiga venue tersebut, telah memiliki standar, seperti luasan, tinggi bangunan, pencahayaan, dan data lainnya yang memenuhi syarat,” kata Rima.

Pihaknya memang harus bergegas mencari venue pengganti, lantaran 1 Agustus mendatang, technical delegate dari Filipina, yakni Rachel Ramos akan datang dan akan melalukan survei venue.

“Nanti kita petakan, kita setorkan ke technical delegate dari Filipina untuk mendapatkan persetujuan. Jadi insyaallah selesai lah masalah tenis meja ini karena tiga itu venuenya juga tidak ada hal yang kukurangan yang berarti,” ujarnya.

Dari ketiga tempat itu, lanjut Rima, venue yang paling layak adalah Tirtonadi Sport Hall, karena untuk memenuhi pencahayaan dan hal lainnya lebih mudah.

Baca juga: Cek Kesiapan Venue Para Badminton di UMS untuk APG XI 2022, Menpora: ‘Standarnya Ini Sudah Internasional’

“Cuma fasilitas pendukungnya, kemudian area pendukung itu apakah sudah memenuhi. Lha itu baru kita evaluasi. Tapi prioritas tertinggi kita di Tirtonadi sport Hall,” kata dia.

Terkait toilet portable untuk atlet difabel, menurut Rima, hal tersebut masih bisa diatasi. Terlebih lokasi tersebut terbilang luas. Panitia juga sudah menyiapkan banyak toilet portable.

“Tinggal kita display aja satu toilet disabilitas tinggal nanti kalau di sana kan area terbukanya banyak tinggal kita hitung yang pakai kursi roda berapa, rasionya berapa, tinggal nanti kita pasang toiletnya,” tandas dia.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,330PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler