31 C
Kudus
Jumat, Agustus 12, 2022
spot_img
BerandaKUDUSBK DPRD Kudus...

BK DPRD Kudus Panggil Pelapor 4 Anggota Fraksi Gerindra yang Diduga Indisipliner

BETANEWS.ID, KUDUS – Badan Kehormatan (BK) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus menindaklanjuti aduan terhadap empat anggota Fraksi Gerindra yang diduga mangkir sidang enam kali beruntun. Hari ini, Rabu (29/6/2022), BK DPRD Kudus memanggil pengadu yakni Asnawi untuk dimintai keterangan secara tertutup.

Ketua BK DPRD Kudus Peter Muhammad Faruq mengatakan, pemanggilan pelapor adalah untuk mengkonfirmasi pengaduan tersebut dan meminta barang bukti.

“Yang bersangkutan tadi mengakui bahwa benar dia yang bikin aduan. Namun, terkait bukti yang diserahkan, kami tidak bisa langsung percaya. Kami tetap akan konfirmasi bukti lain. Kita tidak bisa percaya dengan satu pihak saja,” ujarnya.

- Ads Banner -

Baca juga: Sering Bolos Rapat, 4 Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kudus Dilaporkan ke Badan Kehormatan

Setelah ini, pihaknya akan memanggil empat anggota Fraksi Gerindra untuk dimintai keterangan pada 8 Juli 2022.

“Tentu kita akan panggil juga para teradu untuk dimintai klarifikasi. Kita juga akan menyinkronkan bukti absensi yang dibawa pengadu dengan absensi di Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kudus,” beber dia.

Peter menegaskan, jika terbukti mangkir, sanksi terberat dari enam kali berturut-turut tidak ikut persidangan adalah dengan pergantian antarwaktu (PAW). Makanya, pihak BK harus cermat menindaklanjuti perkara tersebut.

“Seandainya benar bukti yang dibawa pengadu, kita akan klarifikasi saat absen tidak ikut sidang itu ada izin resmi atau tidak. Sebab tata tertibnya memang begitu. Saat anggota DPRD Kudus tidak ikut sidang harus ada izin resminya. Jika tidak dan dilakukan enam kali berturut-turut sanksi terberatnya adalah PAW,” jelasnya.

Baca juga: Hartopo Berharap DPRD Bisa Berperan Dalam Pembangunan Infrastruktur Melalui Dana Aspirasi

Sementara itu, Asnawi mengatakan, kehadirannya ke DPRD Kudus atas panggilan BK. Dia membenarkan dipanggil atas aduannya terhadap empat anggota DPRD Kudus dari Partai Gerindra yang mangkir sidang selama enam kali berturut-turut.

“Tadi dimintai keterangan oleh BK DPRD Kudus, terkait kebenaran aduan serta diminta menunjukan bukti sebagai penguat aduan. Tadi sudah saya jawab semua dan bukti sudah saya serahkan. Adapun kebenaran bukti ada di tangan BK,” tandsasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,330PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler