31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaKUDUS2.747 Balita di...

2.747 Balita di Kudus Alami Stunting

BETANEWS.ID, KUDUS – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus mencatat 2.747 bayi di bawah lima tahun (balita) di Kudus mengalami masalah stunting. Angka ini merupakan 4,5 persen dari 61.046 balita di Kota Kretek.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat DKK Kudus Nuryanto menjelaskan, stunting terjadi karena asupan gizi pada anak kurang seimbang. Oleh karena itu, orangtua perlu lebih memperhatikan asupan makanan yang diberikan pada anak.

“Orang tua jangan hanya memberikan makanan yang disukai anak, tapi juga diperhatikan kandungan gizinya,” ucapnya, Selasa (14/6/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: 540 Ribu Anak di Jateng Kena Stunting, Wonosobo dan Brebes Jadi Sorotan

Ia menyebut, ada 23 desa di Kabupaten Kudus yang statusnya adalah rawan stunting. Salah satunya adalah Desa Golantepus, Kecamatan Mejobo.

“Salah satu penyebab stunting itu biasanya pada seribu hari pertama setelah kelahiran, bayi tidak diberikan asupan gizi yang tepat. Contohnya yaitu bayi berusia nol sampai enam bulan itu seharusnya hanya diberikan asi eksklusif,” terangnya.

Selanjutnya, jika anak sudah boleh makan makanan lain selain asi eksklusif, orangtua perlu memperhatikan asupan gizinya. Jika anak tidak nafsu makan, orangtua bisa mensiasati dengan membuat tampilan makanan lebih menarik.

Baca juga: Cegah Stunting, Bayi Prematur di Kudus Dapat Bantuan Asupan Gizi

“Orangtua bisa berkreasi dengan makanan supaya tampilannya menarik. Sehingga anak-anak tertarik untuk memakannya,” ujar Nuryanto.

Para orangtua, lanjut Nuryanto, juga diharapkan bisa rutin mengonsultasikan kondisi kesehatan gizi anak ke Puskesmas maupun Rumah Gizi milik DKK Kudus. Hal ini supaya orangtua bisa memberikan asupan gizi yang tepat bagi anak.

“Silakan orangtua bisa konsultasi dengan ahli gizi di Puskesmas maupun Rumah Gizi,” tandasnya.

Editor: Ahad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler