31 C
Kudus
Minggu, Mei 22, 2022
spot_img
BerandaBisnisUnik, Bra Batok...

Unik, Bra Batok Kelapa Produksi Oni Ini Tembus Pasar Mancanegara

BETANEWS.ID, KUDUS – Batok kelapa yang sudah dibelah dua tampak menumpuk di sudut ruangan Oni Made Craft di Desa Ngemplak Gang 2, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. Batok kelapa itu merupakan bahan baku utama aneka kerajinan yang sudah terpajang di etalase bagian tengah rumah tersebut. Salah satu yang unik dari produk jadi itu adalah bra.

Bahkan, menurut sang Owner Oni Made Craft Tiar Bachroni (27), bra produksinya itu sudah menembus pasar mancanegara, yaitu Jamaika.

“Iya pernah kirim bra dari batok kelapa ke luar negeri, tepatnya Jamaika. Saat itu ordernya tidak begitu banyak hanya 100 buah, tapi tetap saya syukuri dan bangga, bra batok kelapa buatanku bisa merambah pasar Internasional,” ungkapnya, Rabu (11/5/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Oni Kreasikan Batok Kelapa jadi Aneka Kerajinan yang Keren

Oni menceritakan, sejak memulai produksi produk dari batok kelapa 2017 lalu, dirinya sudah punya banyak barang yang punya pelanggan masing-masing. Khusus bra, awalnya ia mendapatkan pesanan dari orang Kalimantan sebanyak 30 buah.

Setelah orderan tersebut, ia tetap memproduksi bra dan memasarkannya melalui media sosial dan marketplace. Hingga pada 2019, ia mendapatkan order bra batok kelapa dari mancanegara.

“Harga bra batok kepala Rp15 ribu per buah. Untuk pembelian dalam jumlahnya banyak harga bisa lebih murah. Untuk ukuran bra batok kelapa ini diameter 11 sampai 13 sentimeter,” jelasnya.

Baca juga: Andalkan Medsos, Kerajinan Batok Kelapa Milik Warga Ngemplak Mendunia

Dia mengungkapkan, meski terbuat dari batok kelapa, bra produksinya itu aman dipakai. Sebab bagian pinggir yang menempel kulit sudah dirapikan menggunakan amplas.

“Bra dari batok kelapa ini sangat aman dipakai, bahkan saat ada benturan atau tekanan dari luar. Karena terbuat dari batok kelapa jadi ramah lingkungan,” tuturnya.

Selama ini, kata dia, peminat dari bra yang terbuat dari batok kelapa lumayan banyak. Ada yang dari Jawa Barat, Kalimantan, serta Bali.

“Saya berharap bra dari batok kelapa bisa makin diminati. Karena selain aman, dia juga aestetik dan bernilai seni. Semoga saja ada lagi pesanan dari luar negeri,” harap Oni.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler