31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaKISAHKenalan dengan Rayhan,...

Kenalan dengan Rayhan, Anak TK Pengumpul Puluhan Piala dari Hafiz Alquran

BETANEWS.ID, KUDUS – Di sebuah rumah yang berada di Desa Pasuruhan Lor, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, terlihat seorang perempuan sedang membantu anaknya menghafal surat pendek di ruang tamu. Ayat demi ayat mereka lantunkan secara bergantian hingga sang anak fasih melafalkannya. Mereka adalah Triliana Aryanti (30) dari Rayhan Adinata (5), siswa TK yang berhasil memenangkan puluhan perlombaan hafalan surat Alquran.

Ibu dua anak itu mengungkapkan, anak  pertamanya ini mulai mengikuti lomba hafalan surat Alquran sejak usianya masih empat tahun. 

Rayhan sedang membaca Alquran bersama Ibunya. Foto: Kartika Wulandari.

Berawal karena ingin melatih komunikasi sang anak, Aryanti sapaan akrabnya mengaku memilih mencoba mendaftarkan beberapa lomba, dan akhirnya yang selalu dimenangkan oleh anaknya adalah lomba hafalan surat Alquran.

- Ads Banner -

Baca juga: Kenalan dengan Vina, Siswi SMPN 1 Kudus yang Ciptakan Tari Jenang Hanya Dalam 3 Hari

“Awalnya cuma iseng ya, karena ingin melatih keberanian dan cara komunikasi yang baik. Akhirnya saya ikutkan beberapa lomba seperti modelling, mewarnai, dan hafalan. Nah, lomba hafalan surat Alquran lah yang selalu dimenangkan sama Rayhan,” ucapnya, Senin (16/5/2022).

“Perlombaan yang pertama kali dimenangkan sama Rayhan adalah juara 2 Hafidz cilik yang diselenggarakan oleh Anak Hebat Indonesia Tingkat Nasional pada 2020 lalu,” ungkap Asyanti.

Dari usianya empat tahun hingga kini sudah menginjak 5 tahun, Aryanti mengungkapkan, putranya sudah meraih 69 piagam dari perlombaan hafalan, mulai dari hafalan surat pendek, hafalan doa sehari-hari, dan masih banyak lagi.

Beberapa di antaranya adalah Juara 2 hafalan surat tingkat nasional di TK Al Mawadah Semarang, Juara 3 hafalan doa sehari-hari tingkat nasional yang diadakan oleh Deenve Ngawi, Juara harapan 2 nasional hafalan doa yang diadakan TK Islam Al Azhar Semarang, juara 3 tahfiz nasional di Deenve Ngawi, dan juara 1, 2, 3 tahfiz nasional yang diadakan Mentari EO.

“Sejauh ini sudah ada 69 piagam, yang sudah didapatkan Rayhan. Kebanyakan lombanya dari luar kota, seperti Semarang, Malang, Jakarta, karena pandemi selama ini kita ikutkan lombanya secara online dengan mengirim video,” ujarnya.

Baca juga: Siswa SD Muhammadiyah Birrul Walidain Raih Medali Perak Lomba Matematika Internasional

“Kebetulan di sekolah Rayhan juga ada progam khusus hafalan jadi membuat Rayhan semakin semangat untuk belajar menghafal. Sekarang juga sudah menghafalkan Surat Al-Waqiah,” tambahnya.

Karena dirasa mempunyai bakat dalam bidang menghafal, Aryanti pun kini semakin semangat untuk memberikan dukungan untuk sang buah hati.

“Saya sebagai orangtua hanya bisa mendukung. Saya dampingi ketika belajar hafalan. Dan selama ini anaknya enjoy sama hafalannya. Jadi ya sudah saya ikuti saja,” ujarnya.

“Saya juga sudah punya rencana dengan suami untuk memondokkan Rayhan agar kelak dia menjadi anak yang baik, soleh, mengangkat derajat orangtua, dan yang beriman dan takut sama Allah,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler