31 C
Kudus
Senin, Juli 22, 2024

Ratusan Bus Mudik Gratis dari Jakarta Bakal Tiba di Terminal Mangkang Mulai Besok

BETANEWS.ID,SEMARANG – Terminal Mangkang, Kota Semarang bakal kedatangan ratusan bus pemudik gratis dari DKI Jakarta mulai 27 April besok. Diperkirakan, sebanyak 150 bus mudik gratis akan datang ke Terminal Mangkang.

Kepala Terminal Mangkang Reno Adi Pribadi mengatakan, hari ini akan ada sekitar lima truk yang sudah datang ke Terminal Mangkang. Lima truk itu akan membawa sepeda motor yang mengikuti mudik gratis.

“Truk itu membawa sepeda motor semua,” jelasnya saat ditemui di Terminal Mangkang, Selasa (26/4/2022).

-Advertisement-

Baca juga : Pemprov Jateng Siapkan 118 Bus Mudik Gratis, Berangkat 28 April

Nantinya, kedatangan truk tersebut bakal disusul oleh rombongan bus yang akan datang ke Terminal Mangkang. Total sekitar 150 bus rombongan mudik gratis bakal datang ke Terminal Mangkang.

“Nanti akan bertahap, tanggal 27 April nanti ada 30 bus dari Pemerintah DKI Jakarta. Ada juga dari Kementerian Perhubungan dan Jasa Marga, datanya akan segera menyusul,” katanya.

Untuk mengantisipasi kedatangan para pemudik, Terminal Mangkang sudah mempersiapkan pelayanan kesehatan 24 jam. Di dalam layanan tersebut, ada cek kesehatan umum dan cek gula darah gratis setiap pagi.

“Antigen, vaksin booster dan vaksin tahap 1-2 juga disiapkan selama 24 jam,” imbuhnya.

Selain itu, Terminal Mangkang juga meyediakan rest area untuk para pemudik yang datang atau melalui Terminal Mangkang. Nantinya, rest area itu akan diisi produk UMKM Kota Semarang.

“Nanti di sana ada makanan, ada oleh-oleh. Para pemudik juga bisa istirahat di sini. Secara khusus, nanti rest area itu akan semakin ramai pada 28 April,” imbuhnya.

Baca juga : Kemenhub Siapkan 350 Bus Mudik Gratis, Berangkatkan 10.500 Penumpang ke Berbagai Daerah

Untuk mengobati rasa penat para pemudik setelah menempuh perjalanan darat selama berjam-jam, Terminal Mangkang akan menyajikan hiburan Barongsai dan Kuda Lumping, agar pemudik tak jenuh.

“Ada musik juga nanti yang di kelola oleh warga sekitar. Ini pertunjukan memang untuk pemudik,” katanya.

Terminal Mangkang juga akan berkolaborasi dengan transportasi online, seperti Grab, Gojek, Maxim dan Bluebird untuk melayani pemudik di Terminal Mangkang selama 24 jam.

“Kita juga ada dukungan dari pemerintah pusat ada toilet mobil yang ada air hangatnya,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER