31 C
Kudus
Rabu, Juni 29, 2022
spot_img
BerandaKUDUSDisnaker Kudus Pantau...

Disnaker Kudus Pantau Perusahaan yang Dicurigai Tak Mau Berikan THR

BETANEWS.ID, KUDUS – Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan UKM (Disnakerperinkop dan UKM) Kabupaten Kudus memantau perusahaan-perusahaan yang dicurigai susah memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para karyawannya. Ini mengaca pada tahun sebelumnya yang ada aduan dua perusahaan tak berikan THR.

Kepala Disnakerperinkop dan UKM Kabupaten Kudus, Rini Kartika Hadi Ahmawati mengungkapkan, dua perusahaan tersebut bergerak di bidang perhotelan dan tekstil. Menurutnya, alasan mereka tak memberikan THR karena keuangan sedang kacau akibat pandemi covid-19.

“Yang berpotensi (tidak memberikan THR) ada, cuma nanti kita pantau. Baik dari kami (dinas), KSPSI (Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia), dan Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) Kabupaten Kudus,” ungkap, Senin (18/4/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Asyik, Besok Buruh PT Djarum Akan Terima THR

Namun, setelah dilakukan pendekatan oleh tripartite (dinas, KSPSI, Apindo), semua bisa terselesaikan. Hanya saja, THR yang dibagikan tidak langsung diserahkan utuh, yakni secara bertahap atau dicicil.

“Sampai saat ini belum ada perusahaan yang menyatakan tidak sanggup memberikan THR. Namun bagi perusahaan yang belum memberikan langsung, bisa dilakukan secara bertahap atau dicicil. Asal ada kesepakatan antara perusahaan dan pekerjanya,” ungkap Rini.

Sebab itu, untuk mengantisipasi adanya perusahaan yang nakal, posko pengaduan THR akan disiapkan yang berisi petugas dari Dinas, KSPSI, maupun Apindo.

“Harapan kami perusahaan di Kudus bisa memberikan THR kepada seluruh pekerjanya sesuai regulasi yang ada,” harapnya.

Baca juga: Toko Seneng Santoso, Pusatnya Jajanan Hidangan Lebaran di Kudus

Untuk diketahui, total ada sekitar 700 perusahaan di Kudus yang sudah terdaftar di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI. Nominal THR yang dibagikan pun disesuaikan dengan regulasi yang ada.

Yakni bagi pekerja atau buruh yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan atau lebih diberi THR sesuai dengan upah tiap bulannya. Sementara untuk pekerja yang baru punya masa kerja satu bulan atau kurang dari 12 bulan, THR diberikan secara proporsional sesuai masa kerja dengan perhitungan masa kerja dibagi 12, dikali satu bulan upah.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler