31 C
Kudus
Minggu, Januari 23, 2022
spot_img
BerandaKUDUSKabar Gembira! BLT...

Kabar Gembira! BLT Buruh Rokok Sebesar Rp600 Ribu Akan Cair Pertengahan Desember

BETANEWS.ID, KUDUS – Sebanyak 63.067 buruh rokok di Kabupaten Kudus akan mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) senilai Rp600 ribu. Bantuan yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) akan cair pertengahan Desember 2021.

Kabid Perekonomian Setda Kabupaten Kudus, Dwi Agung Hartono menjelaskan, sumber anggaran tersebut dibagi dua, yakni dari Pemerintah Kabupaten Kudus dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Untuk Kudus, pihaknya telah menganggarkan sekitar Rp 40 miliar untuk disalurkan kepada 38.201 buruh. Sedangkan sisanya, yakni sebanyak 24.866 buruh akan menerima BLT dari provinsi yang juga punya DBHCHT dan harus disalurkan kepada buruh rokok di setiap kabupaten.

Buruh rokok sedang mengemas rokok di di Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) Kudus. Foto: Nila Rustiyani.

Menurut Agung, sampai saat ini semua administrasi untuk pencairan sudah selesai dan masih dalam proses pembuatan virtual account di Bank Jateng. Termasuk menunggu pencairan dari provinsi yang akan disalurkan lewat Kantor Pos.

- Ads Banner -

Baca juga: Manfaatkan DBHCHT, Buruh Rokok Kudus Dapat Pelatihan Keterampilan Secara Gratis

“Ini nanti langsung Rp 600 ribu BLT yang disalurkan per masing-masing penerima. Proses pencairannya kita menunggu pencairan dari pemerintah provinsi. Ini demi asas keadilan, biar bisa sama-sama semuanya dapat bareng,” katanya, Senin (6/12/2021).

Dengan disalurkannya BLT ini, Agung berharap mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Kudus. Dengan ekonomi naik, tingkat konsumsi masyarakat pun akan meningkat pula. Sehingga jumlah uang yang beredar di Kudus pada Bulan Desember ini akan banyak.

“Konsumsi masyarakat meningkat, perkembangan ekonomi di Kudus akan naik. Manfaat BLT ini tidak cuma dirasakan para buruh rokok, efek multiplayer ini bisa dirasakan semua masyarakat Kudus,” ungkapnya.

Hal yang sama diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan UKM Kabupaten Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati. Pihaknya mengungkapkan data final penerima BLT buruh rokok di Kudus ada 63.067 pekerja. Pencairan BLT dari DBHCHT ini, pertama kalinya diterima para buruh rokok Kudus.

Baca juga: Ikut Sosialisasi Cukai, Aminah Senang Pulang Bawa Hadiah

Data itu didapat setelah Disnakerperinkop UKM Kudus memberi surat kepada 77 perusahaan rokok di Kudus, dan hanya 62 perusahaan di antaranya yang mengirim data para pekerjanya. Disnaker pun mulai memverifikasi dan memvalidasi mana saja yang boleh mendapatkan BLT.

“Memang yang tidak masuk kriteria, tidak kami usulkan. Kriterianya itu harus buruh rokok. Kalau tenaga administrasi, penjaga keamanan atau satpam, itu tidak dapat,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 12 - Banjir Abadi di Wilayah Bekas Selat Muria (Kudus dan Pati)

Tinggalkan Balasan

31,087FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,340PengikutMengikuti
75,048PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler