31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Dispertan Kudus Adakan Pelatihan Ternak Kambing Bagi Penerima Hibah Dana Cukai

BETANEWS.ID, KUDUS – Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus mengadakan kegiatan pelatihan bagi 76 penerima hibah bantuan kambing. Bantuan hibah kambing ini termasuk bantuan hewan ternak yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Kabupaten Kudus sebesar Rp2,3 miliar.

Kasi Usaha Sarana Prasarana Peternakan pada Dispertan Kudus Dwi Listiani mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan bekal kepada para penerima hibah. Baik itu terkait agribisnis kambing, hingga prospek usaha ketika berbisnis kambing.

“Mereka kita berikan bekal yang kaitannya dengan agribisnis kambing. Kita kasih motivasi, prospek usaha bisnis kambing. Lalu budi daya kambing, pengelolaannya, kesehatan hewan, dan reproduksinya,” jelasnya di sela kegiatan pelatihan yang berlangsung di Taman Krida, Desa Wergu Wetan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: Kabar Gembira! BLT Buruh Rokok Sebesar Rp600 Ribu Akan Cair Pertengahan Desember

Lebih lanjut, Listiani berharap dengan pelatihan ini, para penerima bantuan sudah ada persiapan. Salah satunya langkah-langkah yang perlu dilakukan saat menerima bantuan kambing nanti.

Setiap penerima, lanjutnya, akan menerima 4 ekor kambing betina. Ditambah dengan 1 unit kandang dan pakan konsentrat sebanyak 100 kilogram.

“Ini untuk perkenalan mereka dan sebagai pakan tambahan. Karena biasanya hewan ternak akan diberi makan tumbuh-tumbuhan hijau,” ungkapnya.

Kemudian, pelatihan ternak kambing ini hanya berlangsung selama satu hari saja. Untuk selanjutnya akan dilanjutkan dengan pelatihan hewan ternak lainnya, yakni Ayam Kalkun yang akan berlangsung di Undaan Tengah. Kemudian pelatihan ikan lele di Megawon di hari selanjutnya.

Baca juga: Pemkab Kudus Gelontorkan Rp45 Miliar dari DBHCHT untuk Kembangkan KIHT

“Kalau untuk kalkun penerimanya ada 31 orang. Masing-masing mendapatkan bantuan 1 ekor kalkun jantan dan 10 ekor kalkun betina. Sementara penerima bantuan ikan lele ada 30 orang. Di mana per orang mendapatkan bantan 3 unit kolam terpal bundar, yang masing-masing kolam berisi seribu ekor bibit,” jelasnya.

Ke depan, bantuan ini menurut Listiani akan didistribusikan di minggu ketiga bulan Desember 2021 ini. Sebab, untuk saat ini semuanya masih dalam proses pengadaan.

“Kandang dan kolam belum kita berikan. Semua on process. Rencananya selesai minggu ini, lalu kita dropping minggu selanjutnya. Karena sekarang ini baru pendirian kandangnya dulu. Kandang kalkun, kambing, perlu dirakit dulu,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER