31 C
Kudus
Kamis, Juni 30, 2022
spot_img
BerandaKUDUSBLT Segera Cair,...

BLT Segera Cair, Buruh Rokok di Kudus: ‘Nanti Buat Bayar Utang’

BETANEWS.ID, KUDUS – Buruh rokok di Kudus menyambut gembira informasi Bantuan Langsung Tunai (BLT) buruh rokok yang akan cair pertengahan Desember ini. Bantuan sebesar Rp600 ribu itu sudah lama dinanti 63.067 buruh.

Kegembiraan ini dirasakan oleh para buruh rokok yang berada di Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT), Desa Megawon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus tepatnya di PR Rajan Nabadi.

Salah seorang buruh rokok, Turiah mengaku seneng dengan adanya BLT tersebut. Sebab, uang itu bisa digunakannya untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk untuk membayar utangnya.

- Ads Banner -

Baca juga: Kabar Gembira! BLT Buruh Rokok Sebesar Rp600 Ribu Akan Cair Pertengahan Desember

“Ini nanti buat bayar utang, dan juga buat bantu perekonomian keluarga,” ungkapnya, Senin (06/12/2021).

Senada dengan Turiah, Yuyuk Fatimah juga sudah lama menanti cairnya BLT tersebut. Baginya, dana sebesar Rp600 ribu itu bisa digunakan untuk berbagaikeperluan keluarga.

“Senang rasanya. Kalau udah dapat nanti mau dibuat untuk kebutuhan sehari-hari,” kata wanita yang sudah jadi buruh rokok selama empat tahun itu.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan UKM Kabupaten Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati mengungkapkan, data final penerima BLT buruh rokok di Kudus ada 63.067 pekerja. Pencairan BLT dari DBHCHT ini, pertama kalinya diterima para buruh rokok Kudus.

Baca juga: Manfaatkan DBHCHT, Buruh Rokok Kudus Dapat Pelatihan Keterampilan Secara Gratis

Data itu didapat setelah Disnakerperinkop UKM Kudus memberi surat kepada 77 perusahaan rokok di Kudus, dan hanya 62 perusahaan di antaranya yang mengirim data para pekerjanya. Disnaker pun mulai memverifikasi dan memvalidasi mana saja yang boleh mendapatkan BLT.

“Memang yang tidak masuk kriteria, tidak kami usulkan. Kriterianya itu harus buruh rokok. Kalau tenaga administrasi, penjaga keamanan atau satpam, itu tidak dapat,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler