31 C
Kudus
Selasa, Juni 28, 2022
spot_img
BerandaKUDUSAda Warga yang...

Ada Warga yang Tertimpa Material Bangunan Rumah saat Angin Kencang Terjang Undaan

BETANEWS.ID, KUDUS – Sebanyak 106 rumah warga di empat desa di Kecamatan Undaan mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang pada Kamis (21/10/2021) sore. Ratusan rumah rusak itu terdapat di Desa Glagahwaru, Kalirejo, Lambangan dan Medini.

Salah seorang warga Desa Kalirejo, Unik menceritakan, bahwa pada sore kemarin, hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di wilayahnya mengakibatkan rumah salah seorang warga yang biasa dipanggil Mbah Ulin rusak.

Mbah Ulin, yang ketika itu berada di dalam rumahnya dan mencoba menutup pintu. Nahasnya, angin kencang tiba-tiba menerjang rumah tersebut dan membuatnya ambruk.

Warga gotong royong melakukan perbaikan rumah yang rusak akibat diterjang angin kencang. Foto: Nila Rustiyani.
- Ads Banner -

Baca juga: Ratusan Rumah Warga di Undaan Kudus Rusak Akibat Angin Kencang

“Orangnya (Mbah Ulin) tertimpa di dalam rumah. Mau nutup pintu terus keterjang angin, rumahnya terus ambruk,” cerita Unik, Jumat (22/10/2021) pagi.

Beruntungnya, pemilik rumah yang diceritakan Unik masih baik-baik saja. Tidak ada yang terluka.

Unik juga mengatakan, bahwa kejadian angin kencang kemarin sore cukup lama. Sekitar satu jam hujan yang awalnya biasa saja, tiba-tiba menjadi semakin deras disertai angin yang sangat kencang. Hal itu membuat banyak rumah rusak, bahkan ada yang rumahnya ambruk total, rata dengan tanah.

Hujan deras dan angin kencang tersebut juga diungkapkan Ummi, warga Desa Kalirejo. Menurutnya, dengan adanya peristiwa tersebut, banyak pohon yang patah dan pohon pisang roboh karena diterjang angin kencang.

“Awalnya itu hujan biasa, terus lama kelamaan ada petir, tambah lebat ada angin muter. Lama sekali. Pohon sampai patah, pohon pisang pada roboh, genteng rumah rontok. Banyak rumah rusak, punyaku juga,” jelasnya.

Lebih lanjut, saat kejadian, Ummi dan para warga lainnya sudah keluar rumah. Karena merasa khawatir kalau terus di dalam rumah.

“Warga nggak ada yang terkena, pada di luar. Waktu hujan angin pada keluar,” ceritanya.

Kasi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Undaan Abdul Rozaq mengatakan, sekitar pukul 15.30-16.00 WIB terjadi hujan disertai angin kencang di 4 desa Kecamatan Undaan.

Dari informasi yang didapatkan Abdul, rumah yang roboh total di Desa Kalirejo, penghuninya mengungsi ke rumah saudaranya yang berada tak jauh dari rumah awalnya.

“Yang rumahnya ambruk, ini penghuninya mengungsi ke sebelah. Rumah anaknya,” ungkapnya.

Baca juga : Warga Kudus Bisa Hubungi Nomor Berikut saat Alami Kondisi Darurat Karena Bencana Alam

Kemudian, ada juga satu rumah di Desa Glagahwaru yang juga mengalami kerusakan serius. Bahkan ada satu rumah yang hampir roboh.

“Hari ini bakal dirobohkan, karena kondisinya sangat mengkhawatirkan,” ucapnya.

Pihaknya juga mengatakan, bahwa hari ini ada tim relawan BPBD Kudus datang untuk melakukan perbaikan genteng-genteng rumah warga yang rusak di Desa Glagahwaru. Ada pula kunjungan dari Ketua TP PKK Kudus Mawar Hartopo dengan memberi bantuan kepada para korban.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler