31 C
Kudus
Kamis, Juni 30, 2022
spot_img
BerandaKUDUSRatusan Rumah Warga...

Ratusan Rumah Warga di Undaan Kudus Rusak Akibat Angin Kencang

BETANEWS.ID, KUDUS – Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di wilayah Kecamatan Undaan, Kudus, mengakibatkan 106 rumah warga di empat desa mengalami kerusakan.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus Budi Waluyo merincikan, dari 106 rumah warga yang mengalami kerusakan tersebut, paling banyak terdapat di Desa Glagahwaru, yakni sebanyak 82 rumah.

Atap rumah warga di Kecamatan Undaan rusak akibat diterjang angin kencang. Foto: Ist

Baca juga : Warga Kudus Bisa Hubungi Nomor Berikut saat Alami Kondisi Darurat Karena Bencana Alam

- Ads Banner -

Selanjutnya, 19 rumah ada di RT 4 RW 3 Desa Kalirejo. Sedangkan sisanya 3 rumah di Desa Lambangan dan 2 rumah di Desa Medini.

Budi mengungkapkan, kejadian tersebut terjadi Kamis (21/10/2021) sore sekitar pukul 15.45-16.00 WIB.

“Hujan deras disertai angin kencang yang melanda di sebagian wilayah Kecamatan Undaan mengakibatkan sebagian rumah mengalami kerusakan di bagian atap rumah. Dari kategori ringan, sedang, sampai berat,” jelasnya.

Atas kejadian ini, Budi mengungkapkan, warga membutuhkan berbagai bahan bangunan untuk perbaikan. Di antaranya, genteng, galvalum, esbes dan papan sekat.

Tak hanya itu, kebutuhan logistik pun dibutuhkan para warga yang terdampak. Mereka membutuhkan paket sandang 5 paket, paket kesehatan 5, paket famili kid 5, tikar 6 buah, beras 100 kilogram, gula pasir 20 kilogram, teh 20 box, minyak goreng 10 liter, air mineral 20 dus, dan mie instan 10 box.

Selain itu, warga juga membutuhkan masker sebanyak 10 box dan hand sanitizer 10 botol 500 milliliter.

Untuk penanganan darurat, Budi menjelaskan, BPBD bersama pihak desa dan kecamatan dibantu warga bekerjasama melakukan pembenahan genteng warga yang rusak.

Baca juga : Hujan dan Angin Kencang Sebabkan Puluhan Pohon Tumbang di Kudus

“Lalu akan dilanjutkan karyabakti bersama TNI/Polri, warga serta relawan pada hari Jumat, 22 Oktober 2021 pukul 08.00 WIB,” ungkapnya.

Sementara, Plt Kepala Diskominfo Kudus Dwi Yusi Sasepti mengatakan, bahwa bantuan dari Pemkab Kudus seperti genteng, usuk dan reng dan lainnya sudah mulai didistribusikan tadi malam.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler