31 C
Kudus
Rabu, September 22, 2021
spot_img
BerandaKUDUSKantor Imigrasi Semarang...

Kantor Imigrasi Semarang Buka Layanan Pembuatan Paspor di Disdukcapil Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang membuka layanan pembuatan paspor di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus.

“Ini merupakan layanan inovasi dari Kantor Imigrasi Semarang, untuk mendekatkan ke masyarakat. Sehingga, pelayanan kami yang bisa dirasakan langsung. Lebih mudah mengurus perizinan untuk membuat paspor,” kata Febrian, Kepala Sub Seksi Pelayanan Dokumen Perjalanan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, Selasa (14/9/2021).

Baca juga : Panen Keluhan Saat Sapa Masyarakat, Dukcapil Kudus Malah Girang

- Ads Banner -

Bagi masyarakat Kudus yang ingin mengurus paspor, layanan ini dibuka selama dua hari, yakni hari ini, Selasa (14/9/201) dan besok, Rabu (15/9/2021). Setiap hari, katanya, pelayanan dibatasi hanya 25 orang saja.

“Jadi prosesnya, masyarakat datang ke sini untuk foto dan wawancara. Penyelesaiannya nanti di kantor imigrasi,” ungkapnya.

Jika semua proses sudah selesai, lanjut Febrian, masyarakat akan diberi pemberitahuan lewat email. Untuk pengambilan paspor bisa diambil langsung ke Kantor Imigrasi di Semarang. Atau bisa juga dikirim dari aplikasi si Semar Paten. Program dari kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang.

Menurutnya, layanan tersebut akan berpindah-pindah. Kabupaten Kudus menjadi pilot project untuk kegiatan ini. Untuk selanjutnya, akan berpindah setiap bulannya ke beberapa kabupaten/kota lainnya. Yakni kabupaten Jepara, Demak, Kendal, Grobogan, Kota Salatiga, dan Kota Semarang.

“Kalau semuanya sudah, akan berulang ke kabupaten yang pertama,” ungkapnya.

Dipilihnya Kudus sebagai kabupaten pertama yang disinggahi, bukan tanpa alasan. Diketahui dalam satu tahun, ada sekitar 150 orang Kudus yang mengurus paspor. Tujuannya berbeda, ada yang untuk bersekolah, ada juga yang untuk bekerja.

Adanya pelayanan pembuatan paspor ini, Kepala Disdukcapil Kudus Eko Hari Djatmiko berterima kasih atas kerjasamanya tersebut. Hal ini bisa memberikan kemudahan kepada masyarakat Kudus yang ingin membuat paspor. Tidak perlu datang ke Semarang atau ke Pati lagi.

Baca juga : Mesin ADM Milik Disdukcapil Kudus Ini Bisa untuk Cetak KTP, KK, dan Akta Sendiri

“Di sini kami memfasilitasi tempat. Kemudian kami juga sosialisasikan ke masyarakat Kudus. Bagi yang ingin mengurus paspor, perpanjangan, hingga membuat paspor bisa diurus di Kudus, tidak perlu ke Semarang atau ke Pati,” katanya.

Lanjutnya, demi pelayanan yang lebih maksimal, Disdukcapil Kudus juga akan membuka pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) jika sudah jadi.

Editor : Kholistiono

Lipsus 7 - Sejarah Kereta Api Pertama di Indonesia dan Reaktivasi Jalur Semarang-Lasem

Tinggalkan Balasan

30,414FansSuka
14,922PengikutMengikuti
4,321PengikutMengikuti
52,135PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler