31 C
Kudus
Senin, Mei 27, 2024

Saksikan Ada Warga Kembalikan BST, Ganjar: ‘Moralitasnya Luar Biasa’

BETANEWS.ID, KLATEN – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sangat bangga pada warganya yang mau mengembalikan bantuan sosial tunai (BST) karena memang tidak berhak. Menurutnya, itu adalah contoh moralitas yang harus menjadi teladan masyarakat lainnya sekaligus menjadi acuan pemerintah untuk melakukan perbaikan data.

“Dari sisi moralitasnya, ini sangat bagus. Ini kongkret, mereka datang dengan moralitas bagus, mau mengembalikan karena merasa sudah menerima,” katanya saat mengecek pembagian BST di Desa Kotesan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Rabu (4/8/2021).

Banyak orang, lanjut Ganjar, tak memiliki moralitas sebagus warga yang mengembalikan bantuan. Bahkan dirinya sendiri melihat, beberapa penerima bantuan ada yang memakai jam tangan bagus, ponsel bagus, dan sepatu bagus. Ia juga mendapat fakta, ada penerima yang masih bekerja di pabrik dan ada juga yang punya usaha sendiri.

-Advertisement-

Baca juga: Kisah Buruh Tani di Klaten Kembalikan BST, Alasannya Mengharukan

“Jadi ini soal moralitas, ada yang lebih mampu tapi tak berkeinginan mengembalikan. Mohon maaf, dengan segala hormat bapak dan ibu yang hari ini mengembalikan. Meskipun hanya buruh tani, tapi moralitasnya luar biasa.  Ini ada juga ibu rumah tangga dan mahasiswa. Dia kritis, karena merasa tidak berhak, ya dikembalikan,” terangnya.

Ganjar berharap, apa yang dilakukan warga ini menjadi inspirasi banyak orang. Sebab saat ini, bantuan memang banyak yang tak tepat sasaran, sehingga menimbulkan kecemburuan.

Sebelumnya, tiga warga Klaten dan satu warga Boyolali mengembalikan BST yang didapat karena merasa tidak berhak. Keempat warga itu adalah Tukul Subagiyono (buruh tani), Jannah (ibu rumah tangga), Yoga Pratama (mahasiswa), dan Dobby Sholeh (perangkat desa di Banyudono).

Baca juga: Wadul ke Ganjar Soal Data Bansos Semrawut, Kades di Klaten: ‘Sing Intuk Malah Wong Sugih’

Pengembalian bantuan oleh tiga warga Klaten tersebut disaksikan secara langsung oleh Ganjar. Karena kejujurannya, tiga orang warga Klaten itu langsung mendapat hadiah uang tunai dari Ganjar. Sementara Dobby, warga Boyolali tidak diberi hadiah karena seorang perangkat desa.

“Rejeki wis ono sing ngatur nggih. Kerono sampeyan jujur, tak kasih hadiah,” pungkasnya sambil pamitan.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER