31 C
Kudus
Rabu, Desember 8, 2021
spot_img
BerandaBisnisMiniatur Kapal Buatan...

Miniatur Kapal Buatan Eko Ini Detail Banget, Pelanggannya Berbagai Perusahaan Ternama

BETANEWS.ID, DEMAK – Di belakang rumah warga Desa Kedungwaru Kidul RT 2 RW 4, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, terlihat dua orang sedang memproduksi miniatur kapal. Satu di antaranya sedang menempelkan kertas ke bagian alas kapal. Sedangkan satunya lagi menempelkan dinding kapal. Dia adalah Eko Mulyo (31), Pembuat miniatur di AGC Miniatur.

Seusai melakukan pekerjaannya, pria yang akrab disapa Eko itu bersedia berbagi informasi tentang usaha yang dirintis 2017 lalu itu. Dia mengatakan, miniatur kapalnya banyak diminati berbagai perusahaan, termasuk pernah dibeli oleh warga Thailand dan Venezuela.

Eko sedang merangkai berbagai bagian miniatur kapal pesanan pelanggannya. Foto: Kaerul Umam.

“Saya mengutamakan kualitas dari bahan dan juga detail dari produk yang saya buat. Beberapa karya saya sudah kirim ke berbagai daerah dan Saya pernah bikin miniatur kapal untuk Pertamina,” beber Eko kepada betanews.id, Kamis (12/7/2021).

- Ads Banner -

Baca juga: Ramai Peminat, Ridwan Bisa Jual Puluhan Miniatur Truk Oleng Setiap Pekan

Eko menceritakan, awalnya, ia merintis usaha tersebut dari limbah baigon dan kit yang dijadikan miniatur lokomotif dan kapal. Setelah jadi, ia kemudian memposting karyanya itu ke media sosial dan mendapat banyak sambutan positif dari warganet. Seiring berjalannya waktu, ia mengembangkan produknya dengan mengubah bahan limbah dengan bahan kayu jati Londo, bambu, dan kini fiber dan akrilik.

“Sekarang saya pakai bahan fiber dan akrilik sehingga kualitas dari produk ini akan bertahan lama,” tambahnya.

Meski saat ini banyak permintaan miniatur kapal, AGC Miniatur juga menerima pemesanan lokomotif, mahar, diorama, dan juga truk. Semua pesanan itu dibuat dengan model skala dan detail produk dibuat mirip aslinya.

Sementara untuk pengerjaan, ia membutuhkan waktu selama 3 pekan hingga 1 bulan. Ia juga ditemani dua orang yang membantunya memproduksi miniatur tersebut.

Baca juga: Perajin Miniatur Menara Kudus Kewalahan Penuhi Permintaan Pasar

“Kalau untuk harga dari miniatur kapal mulai Rp 1,75 juta sampai Rp 5,5 juta. Kemudian lokomotif dari Rp 350 ribu sampai Rp 800 ribu, mahar Rp 350 ribuan, truk Rp 550 ribu sampai Rp 800 ribu. Sedangkan untuk diorama tidak bisa dipatok, karena jenis desain bisa berubah sesuai dengan permintaan pelanggan,” rinci Eko.

Eko memasarkan kerajinannya itu melalui media sosial seperti Facebook Eko Mulyo, Instagram @beng_beng_yo_yo, TikTok @miniaturkapalskala dan pemesanan via WhatsApp di nomor 0895 8007 11398.

“Harapannya usaha bisa semakin maju dan berkembang. Supaya bisa menambah tenaga kususnya untuk masyarakat sekitaran. Dan semoga produksi ini bisa bermanfaat bagi semuanya,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 10 - Kisah Oei Tiong Ham, Sang Raja Gula Terkaya di Asia Tenggara dari Semarang

Tinggalkan Balasan

31,087FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
70,075PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler