31 C
Kudus
Kamis, Februari 29, 2024

Kudus Sudah Pakai 6.025 Dosis Vaksin Astrazeneca

BETANEWS.ID, KUDUS – Dari 15 ribu dosis vaksin Astrazeneca (AZ) yang didapatka Pemkab Kudus, kini sudah 6.025 sudah disuntikkan untuk warga. kepada warga Kabupaten Kudus.

“Sampai hari ini, sudah ada 6.025 dosis vaksin AZ yang sudah disuntikkan. Jadi masih ada sekitar 9 ribu dosis vaksin yang masih tersebar di semua fasilitas kesehatan. Contohnya itu ada di RS Nurussyifa masih ada 400 dosis, Kaliwungu 880 dosis dan yang paling banyak di Polres ada 3.000 dosis,” kata Kasi Surveilans dan Imunisasi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Aniq Fuad, Selasa (10/8/2021).

Baca juga : Vaksin Jenis Sinopharm di Kudus Hanya Diperuntukan Bagi Penyandang Disabilitas

Sampai hari ini, Aniq juga menjelaskan bahwa baru dua rumah sakit yang mulai menyuntikkan vaksin jenis AZ tersebut. Yakni RSUD dr Loekmono Hadi Kudus dan RS Nurussyifa. Sedangkan yang lainnya belum melakukan.

Selama melakukan vaksinasi jenis AZ, ada beberapa laporan KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi) yang Aniq terima. Jumlahnya kurang dari 15 orang, dengan gejala yang berbeda.

“Laporan yang saya terima tidak ada 15 orang. Yang sudah laporan tidak ada yang fatal. Yang paling banyak demam. Ada yang nyeri, kalau ada yang pingsan mungkin karena psikis. Dia awalnya takut disuntik. Yang jelas KIPI yang muncul paling banyak muncul itu panas,” ungkap Aniq.

Sebab, lanjut Aniq, sebelumnya ia sudah mewanti-wanti agar para nakes yang akan menyuntikkan vaksin AZ mengedukasi orang yang akan disuntik. Untuk beristirahat setelah divaksin, minimal 24 jam.

“Sejak awal kita sudah waspada tentang KIPI-nya, katanya paling banyak. Alhamdulillah hanya beberapa kasus yang muncul. Saya sudah wanti-wanti nakes yang nyuntik AZ agar mengedukasi sasaran (orang yang disuntik), setelah vaksinasi istirahat minimal 24 jam. Jangan lakukan aktivitas fisik apapun. Seperti senam, bekerja,” jelas Aniq.

Baca juga : Kudus Terima 20.300 Dosis Vaksin, Mulai Astrazeneca, Sinopharm Hingga Moderna

Sementara itu, data terakhir pada Senin (9/8/2021) sore, sudah ada 146.723 dosis vaksin dosis pertama yang sudah disuntikkan kepada warga Kudus. Sedangkan untuk dosis kedua sudah ada 117.541 dosis vaksin yang disuntikkan dari total sasaran 825.821 orang target sasaran. Baik vaksin jenis Sinovac hingga Astrazeneca.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER