31 C
Kudus
Selasa, September 21, 2021
spot_img
BerandaKUDUSDi Pemancingan Ini,...

Di Pemancingan Ini, Kamu Bisa Salurkan Hobi Sembari Bersedekah

BETANEWS.ID, KUDUS – Di belakang pekarangan rumah warga Desa Wergu Wetan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, terlihat beberapa orang sedang duduk di tepi kolam. Mereka tampak bergantian mengangkat pancing saat umpannya sudah dimakan ikan lele.

Pengelola Pemancingan Bersedekah, Suhadi (54) menjelaskan, selain untuk menyalurkan hobi, 100 persen keuntungan pemancingan ini akan digunakan untuk donasi kematian masyarakat setempat.

“Kita mulai membuka kolam pemancingan bersedekah ini sudah sejak 1 Desember 2020,” ujarnya, Sabtu (24/7/2021).

- Ads Banner -

Baca juga: Pedagang Pasar Bitingan Bagi-Bagi Sayur dan Tahu Tempe ke Warga Ploso

Untuk pembuatan kolam, lanjut Suhadi, dana yang digunakan berasal dari sumbangan warga secara sukarela. Selain itu, mereka juga menyumbang semen, batu bata, dan pasir.

Kemudian untuk aturan mainanya, Suhadi menjelaskan, setiap warga bisa memancing sepuasnya, dengan patokan harga Rp 25 ribu untuk satu kilogram ikan lele yang bisa dibawa pulang.

“Setiap pembelian satu kilogram dibebaskan mau mengajak berapa orang, intinya tergantung nanti pesertanya bagaimana kesepakatan. Mau iuran berapa di mancing sedekah ini,” kata Suhadi.

Terhitung sejak dibuka, dana yang terkumpul hingga saat ini sudah mencapai Rp 8 juta. Sementara untuk penyalurannya, telah ada sekitar 20 keluarga yang menerima, dengan masing-masing mendapatkan santunan Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu.

Baca juga: Rotary Club dan Puskesmas Rejosari Bagikan Sembako dan Vitamin ke Warga Isoman

Untuk jam operasionalnya, pihaknya membuka lima hari dalam seminggu. Kemudian untuk jumlah pemancing, tidak bisa ditentukan, mungkin mulai 10-15 orang. Karena masih PPKM, maka pemancing yang diperbolehkan hanya warga setempat.

“Setelah selesai, area kolam diitutup juga untuk menghindari anak-anak masuk tanpa ada pengawasan. Kalau jatuh atau bagaimana, demi keamanan juga,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 7 - Sejarah Kereta Api Pertama di Indonesia dan Reaktivasi Jalur Semarang-Lasem

Tinggalkan Balasan

30,414FansSuka
14,922PengikutMengikuti
4,321PengikutMengikuti
52,135PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler