31 C
Kudus
Jumat, Maret 29, 2024

Hilal Tak Terlihat di Kudus Karena Tertutup Mendung, tapi Besok Tetap Puasa

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemantauan hilal yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kudus di Universitas Muria Kudus, Senin (12/4/2021), tidak membuahkan hasil lantaran tertutup mendung.

Kepala Kemenag Kudus Ahmad Mudzakir menjelaskan, meski pantauan hilal bersama dengan ahli falak dan tokoh agama itu tidak membuahkan hasil, ia akan tetap melaporkannya kepada Kementerian Agama. Soalnya, hasil rukyatul hilal ini menjadi bahan sidang isbat penentuan awal Ramadan.

Tim Rukyatul Hilal Kemenag Kudus saat memantau hilal di Universitas Muria Kudus, Senin (12/4/2021). Foto: Kartika Wulandari.

“Kita sudah melaksanakan kewajiban rukyatul hilal awal Ramadan 1442 H. Kondisi langitnya tadi tertutup mendung, jadi tidak terlihat,” bebernya.

Baca juga: Plt Bupati Kudus Izinkan Warganya Salat Tarawih Berjemaah di Masjid Atau Musala

Menurutnya, rukyat itu memang bukan berarti harus terlihat. Ini merupakan perintah Nabi Muhammad SAW yang harus dilaksanakan. Sehingga apapun yang terjadi harus tetap dilaksanakan, termasuk jika mendapat hasil hilal tak terlihat.

“Untuk penentuan awal Ramadan itu keputusan pemerintah pusat. Jadi lokasi rukyatul hilal kan nggak hanya di sini. Ini untuk bahan sidang isbat,” jelas Mudzakir.

Menurutnya, tinggi hilal hari ini ada di angka tiga derajat 26 menit 53 detik. Tinggi itu sebenarnya sudah memenuhi Ilmu hisab karena sudah imkanur rukyah. Artinya kemungkinan dihisab sudah bisa.

“Imkanur rukyah itu minimal dua derajat. Tapi karena hari ini terhalang mendung jadi hiloalnya tidak bisa terlihat,” tandasnya.

Baca juga: Dishub Jateng Siapkan 3 Skenario Antisipasi Warga yang Nekat Mudik

Diketahui, berdasarkan hasil Sidang Isbat tahun 2021, Pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia resmi menetapkan 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa (13/4/2021). Hasil tersebut dibacakan secara langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

“Peserta Sidang Isbat secara mufakat bersepakat bahwa 1 Ramadan jatuh pada esok hari, Selasa 13 April 2021,” katanya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
133,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER