31 C
Kudus
Rabu, Februari 28, 2024

Tilang Elektronik Berlaku di Kudus, Ini 5 Titik Lampu Merah yang Dipasangi Kamera

BETANEWS.ID, KUDUS – Polres Kudus meluncurkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) di Command Center Diskominfo Kabupaten Kudus, Selasa (23/3/2021). Dalam tilang elektronik ini, Polres Kudus telah memasang kamera di lima titik.

Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma mengungkapkan, E-TLE merupakan sistem penegakan hukum di bidang lalu lintas yang berbasis teknologi informasi. Sarana yang digunakan adalah kamera pengintai atau CCTV yang dipasang di lima titik lampu merah.

Kapolres juga menjelaskan, kamera-kamera yang dipasang ini digunakan untuk mendeteksi berbagai jenis pelanggaran lalu lintas.

“Launching E-TLE ini serentak di seluruh wilayah Indonesia, jadi sudah tidak ada lagi penindakan oleh anggota di jalan. Semua pakai tilang elektronik,” ungkap Kapolres Aditya.

Baca juga: Catat! Ini Lokasi di Jateng Dipasangi Kamera Tilang Elektronik

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Kudus AKP Galuh Pandu Pandega Ferdiansyah menambahkan, lima titik yang dipasangi kamera pengintai itu di traffic light Simpang Barongan, Simpang Sempalan, Persimpangan DPRD Kudus, Simpang Pentol, dan Simpang Tujuh.

“Nanti akan ada tambahan di titik-titik lainnya,” jelas AKP Pandu.

Selain kamera pengintai, lanjut AKP Pandu, pihaknya juga menghadirkan action kamera yang dinamakan Kamera Portable Penindakan Pelanggaran Kendaraan Bermotor (KOPEK). Kamera ini diguankan untuk mengcover wilayah yang belum terpasang kamera E-TLE.

Pihaknya juga mengungkapkan, dengan adanya kamera pengintai ini, para pelanggar lalu lintas bisa langsung diketahui. Pihaknya pun berharap, melalui E-TLE ini bisa mengurangi pelanggaran lalu lintas di Kabupaten Kudus.

Jenis pelanggaran yang dimaksud dalam penilangan secara elektronik ini, antara lain tidak menggunakan sabuk pengaman, menggunakan ponsel saat berkendara, tidak menggunakan helm, menerobos lampu merah, melanggar marka jalan, hingga melanggar batas kecepatan.

Baca juga: Tilang Elektronik di Jateng Mulai Diberlakukan, Hari Ini Sudah Ada 3.200 Pelanggaran

“Semuanya dipantau secara langsung oleh petugas yang berada di Traffic Management Center (TMC) Polres Kudus untuk mengetahui siapa saja yang melanggar,” tandasnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo sangat mengapresiasi diluncurkannya tilang elektronik ini. Pihaknya berharap, dengan adanya E-tilang ini bisa lebih memberikan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas.

“Ini bagus sekali. Pemerintah daerah memberikan dukungan penuh. Semoga ini juga bisa memback-up kriminalitas di Kudus,” tutup Hartopo.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER