31 C
Kudus
Senin, Juli 22, 2024

Hartopo Minta Bidan Berperan Atasi Ancaman Kekurangan Gizi di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Plt Bupati Kudus Hartopo meminta bidan yang tergabung dalam Ikatan Bidan Indoensia (IBI) Kudus berperan menjadi pendamping masyarakat untuk menghadapi ancaman kesehatan. Ancaman tersebut misalnya, penerapan gizi yang salah, kekurangan gizi, dan lainnya.

Hal tersebut disampaikan Hartopo dalam Musyawarah Cabang (Muscab) ke VIII IBI Tahun 2021 di Hotel Griptha Kudus, Jumat (19/3/2021). Acara yang dihadiri bersama Ketua Pengurus Daerah IBI Jateng, Ketua Pengurus IBI Cabang Kudus, serta anggota IBI Kudus itu, Hartopo juga meminta peran bidan untuk bersinergi dengan Pemkab Kudus.

“Para bidan yang tergabung dalam IBI Cabang Kudus diharap dapat berperan sebagai pendamping masyarakat dalam menghadapi berbagai ancaman kesehatan seperti kekurangan gizi, penerapan kesehatan yang salah dan lainya,” tuturnya.

-Advertisement-
Pembukaan Muscab IBI Kudus. Foto: Ist

Baca juga: Hartopo Minta IBI Bisa Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

Acata Muscab tahun ini, IBI Kudus memilih tema “Bidan Garda Terdepan Mengawal Kesehatan Maternal dan Neotal Melalui Germas dan Pelayana Berkualitas”. Dalam muscab juga diagendakan pergantian Ketua Cabang IBI Jateng.

Lebih lanjut Hartopo mengatakan, bidan memiliki peran yang sangat penting dalam urusan kesehatan masyarakat. Terlebih di era pandemi ini, bidan sebagai tenaga profesional harus mampu menjadi garda terdepan dalam penyelenggaraan kesehatan masyarakat, khususnya untuk ibu dan bayi.

“Karena peran bidan ini sangat penting, IBI harus bisa menjadi wadah bagi pengembangan kualitas SDM bidan, sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat betul-betul bisa dirasakan,” katanya.

Baca juga: Mia Terharu saat Mengikuti Prosesi Pengambilan Sumpah Profesi Kebidanan

Sementara itu, Ketua IBI cabang Kudus Hj. Siti Nurwiyah, mengatakan bahwa pergantian ketua organisasi IBI dilaksanakan setiap 5 tahun sekali melalui musyawarah cabang.

“Pelaksanaan pergantian ketua IBI cabang Kudus dilaksanakan berkala setiap 5 tahun sekali sesuai dengan acuan anggaran dasar atau anggaran rumah tangga (AD/ART) IBI Kudus, Harapan kami siapapun yang terpilih sebagai ketua IBI cabang Kudus nantinya dapat menjalankan roda organisasi dengan baik dan sesuai aturan untuk kemajuan organisasi,” jelasnya.

Editor: Suwoko

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER