31 C
Kudus
Kamis, Februari 29, 2024

Hari Tuberkulosis Sedunia, Temuan Kasus TB di Kudus Lebih Sedikit saat Pandemi

BETANEWS.ID, KUDUS – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus menyebut, temuan kasus tuberkulosis (TB) di Kudus cenderung menurun saat pandemi Covid-19, khususnya pada tahun 2020.

Nuryanto, Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) DKK Kudus mengatakan, berdasarkan data tahun 2020, pasien suspek TB yang diperiksa sebanyak 3.855 orang dan terkonfirmasi BTA (Basil Tahan Asam) positif sebanyak 712.

Pegawai DKK Kudus membagikan masker kepada pengguna jalan dalam rangka Peringatan Hari TB Sedunia. Foto: Nila Rustiyani

Baca juga : Peringati Hari Perempuan Sedunia, Mahasiswa Kudus Gelar Aksi Damai

“Sedangkan untuk tahun 2019, pasien suspek yang diperiksa sebanyak 5.696 dan yang terkonfirmasi BTA Positif sebanyak 838 orang,” ujar Nuryanto saat pembagian masker dan leaflet di Perempatan Jalan Jenderal Sudirman Kudus, dalam rangka Peringatan Hari TB Sedunia, Rabu (24/3/2021).

Menurutnya, temuan kasus di tahun 2020 yang jumlahnya lebih sedikit tersebut, akibat adanya pandemi Covid-19. Karena, masyarakat hal itu membuat warga enggan ke rumah sakit atau faskes terdekat untuk memeriksakan kesehatannya.

Temuan kasus Tuberkulosis tersebut, kata Nuryanto, didapat dari penemuan secara aktif maupun pasif yang dilakukan oleh DKK Kudus. Yakni, petugas kesehatan mendatangi warga untuk mengecek kesehatannya atau warga sendiri yang mendatangi faskes atau rumah sakit untuk memeriksakan kesehatannya.

“Apabila ada yang mengalami gejala TB, yaitu batuk selama tiga minggu dan tidak sembuh-sembuh, lalu berkeringat dingin pada malam hari tanpa ada sebab, penurunan berat badan, nafsu makan menurun dan batuk disertai darah, bisa datang langsung ke layanan faskes di puskesmas atau ke rumah sakit, ” paparnya.

Bagi warga Kudus yang terdiagnosis menderita Tuberkulosis, Nuryanto bersama pihak DKK lainnya berkomitmen memberikan layanan terbaik hingga sembuh.

“Masyarakat kalau ada gejala batuk hingga tiga minggu dan tidak sembuh-sembuh, segera mengunjungi layanan kesehatan. Kami siap memberikan layanan terbaik kepada masyarakat dan memberi pelayanan sampai sembuh, ” tandasnya.

Pada Peringatan Hari TB Sedunia ini, pihaknya juga membagikan masker kepada pengguna jalan sebanyak 2 ribu buah dan juga leaflet.

Baca juga : Peringati Hari Disabilitas Internasional, Difabel Kudus Bagikan Ratusan Masker

“Peringatan Hari TB Sedunia ini kita maksimalkan untuk kegiatan kampanye dengan membagi leaflet tentang Tuberkulosis. Dan kita juga membagi 2 ribu masker bagi para pengguna jalan yang lewat, ” jelas Nuryanto.

Dengan kegiatan ini, Nuryanto berharap, masyarakat Kudus tetap berpegang teguh menaati protokol kesehatan.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER