31 C
Kudus
Sabtu, Januari 23, 2021
Beranda Business Punya Banyak Khasiat,...

Punya Banyak Khasiat, Berbagai Jenis Madu Murni Jualan Soleh Ini Banyak Diburu

BETANEWS.ID, KUDUS – Beragam jenis madu tampak terjajar rapi di etalase kaca teras sebuah rumah, Desa Hadipolo RT 3 RW 3, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Di sana, seorang pria terlihat sedang mewadahi madu dalam berbagai ukuran dan kemudian melabelinya dengan stiker merek usaha. Dia adalah Achmad Soleh (50) pemilik Rumah Madu Idola Kudus.

Di rumahnya itu, Soleh panggilan akrabnya, menjual berbagai jenis madu murni yang diklaim mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Kemurnian madu yang Soleh tawarkan tak lepas dari usahanya mencari petani madu ke berbagai wilayah di Pulau Jawa yang benar-benar murni tanpa ada tambahan apapun.

Soleh sedang menuang madu untuk dikemas. Foto: Nila Rustiyani.

“Kalau madu yang benar-benar murni itu bisa untuk mengobati penyakit. Contohnya seperti madu multi flora atau madu bunga. Madunya itu kental dan cocok untuk yang punya penyakit lambung karena tingkat keasamannya sangat rendah,” jelas pria yang memiliki satu putri tersebut kepada betanews.id, Selasa (5/1/2021).

Baca juga: Cari Madu Murni dengan Pilihan Lengkap? Ke Toko Madu Murni Dersalam Saja

Selain itu, lanjut Soleh, setiap ada tamu yang datang ke rumahnya, ia selalu menanyai terlebih dahulu untuk keperluan apa mereka membeli madu. Jika untuk imunitas, dirinya akan menawarkan segala jenis madu dan memberikan keleluasaan untuk melilih sesuai seleranya. Sedangkan jika ada yang ingin dipakai untuk pengobatan, dirinya akan merekomendasikan madu sesuai kebutuhan.

Seperti untuk ibu hamil, Soleh akan menyarankan mengonsumsi madu bee pollen yang mengandung madu dan tepung sari bunga. Sedangkan untuk anak-anak cocok mengonsumsi madu jenis randu super, dan untuk penderita diabetes disarankan mengonsumsi madu kelengkeng.

“Tapi yang benar-benar murni, kalau asal-asalan madu nanti tidak bisa untuk obat. Kalau madu yang benar-benar murni sampai kapan pun rasanya tidak akan berubah, hanya saja warnanya berubah lebih pekat,” jelasnya.

Baca juga: Melihat Proses Panen Madu di Desa Dukuhwaringin

Untuk harga, Soleh mengelompokkan tergantung ukuran dan jenisnya. Untuk madu bee pollen dengan ukuran 450 ml dihargai Rp 135 ribu, madu multi bunga 500 ml Rp 100 ribu,  randu super Rp 110 ribu per 500 ml, dan madu kelengkeng Rp 115 Ribu untuk 500 ml.

Selain bekerjasama dengan temannya dalam budi daya lebah yang setiap musim kemarau bisa panen dalam jumlah besar, ia juga punya peternakan klanceng yang digantung di sekitar dinding rumahnya.

“Produksi madu klanceng itu sangat lama, sebab lebahnya kecil-kecil. Makanya harganya paling mahal,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Tinggalkan Balasan

27,870FansSuka
14,114PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
27,373PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler