31 C
Kudus
Senin, Mei 27, 2024

Khasiat Madu Bawang Lanang, dari Encerkan Darah Hingga Bagus untuk Pasutri

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang pria terlihat sedang menimbang madu di sebuah rumah, Desa Hadipolo RT 3 RW 3, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Dengan hati-hati, ia menuangkan madu ke dalam wadah dari plastik dan menimbangnya sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Pria tersebut adalah Achmad Soleh (50) pemilik Rumah Madu Idola Kudus.

Selepas menyelesaikan pekerjaannya itu, ia kemudian beralih ke ruang tengah rumahnya. Di sana, ia kemudian menempelkan label kemasan pada sebuah botol madu yang berisi bawang putih. Menurut Soleh, madu-madu itu merupakan fermentasi madu bawang lanang yang berkhasiat untuk mengencerkan darah.

Soleh menunjukkan Madu Bawang lanang di Rumah Madu Idola yang banyak diburu pengantin baru. Foto: Nila Rustiyani.

“Bawang lanangadalah nama lain dari bawang tunggal. Bawang tersebut tidak memiliki siung yang banyak seperti pada umumnya. Rasanya pun lebih pedas dari bawang biasanya,” jelasnya, Selasa (5/1/2021).

-Advertisement-

Baca juga: Punya Banyak Khasiat, Berbagai Jenis Madu Murni Jualan Soleh Ini Banyak Diburu 

Menurutnya, proses fermentasi dimulai dengan melepaskan kulit dari bawang terlebih dahulu. Kemudian bawang itu dicampurkan ke madu dengan takaran khusus. Fermentasinya membutuhkan waktu minimal satu bulan. Menurut Soleh, semakin lama bawang lanang difermentasi, rasa pedasnya akan semakin hilang.

“Kata orang-orang, fermentasi bawang lanang di sini itu gurih dan semakin lama rasanya seperti kacang,” ungkap Soleh dengan senyum yang merekah.

Fermentasi madu bawang lanang, imbuh Soleh, cocok dikonsumsi para penderita stroke. Mengingat, khasiat dari fermentasi ini salah satunya untuk mengencerkan darah baik wanita maupun pria. Namun, madu jinis ini tidak dianjurkan bagi ibu hamil dan orang yang selesai operasi, sebab efek panas yang ditimbulkan dari bawang lanang itu sendiri.

Baca juga: Juluki Dirinya Dewa Madu, Tiap 10 Hari Mampu Hasilkan Tiga Kwintal Madu Murni

“Madu jenis ini juga paling sering diburu oleh pengantin baru, katanya biar bisa tahan lama,” ungkapnya.

Selain madu lanang, ia juga menjual berbagai jenis madu lain seperti, madu bee pollen, madu multi bunga, randu super, madu kelengkeng. Dan madu klanceng. Harganya bervariasi mulai Rp 100 ribu hingga Rp 135 ribu.

“Saya jual yang benar-benar murni. Kalau asal-asalan madu nanti tidak bisa untuk obat. Kalau madu yang benar-benar murni sampai kapan pun rasanya tidak akan berubah, hanya saja warnanya berubah lebih pekat,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER