31 C
Kudus
Sabtu, Januari 23, 2021
Beranda Kudus Budidaya Ikan, Program...

Budidaya Ikan, Program Inklusi Sosial untuk Pegawai Perpustakaan Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang pria terlihat sedang memberikan makan ikan yang ada di kolam terpal di belakang halaman Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupten Kudus. Setelah memberikan makan ikan, lelaki tersebut memberi penjelasan mengenai keberadaan kolam yang ada di belakang kantor tersebut.

Dikatakannya, kolam-kolam tersebut merupakan bagian dari program inklusi sosial bagi karyawan Dinas Kearsipan dak Perpustakaan Kabupaten Kudus.

Baca juga : Produk dari Kelas Merajut Perpustakaan Kudus Sudah Bisa Dipasarkan

“Jika biasanya progam inklusi sosial diadakan untuk masyarakat, kini dari pihak Perpusda juga membuat progam yang diperuntukan khusus karyawan Perpusda saja. Kemudian, progam inklusi sosial untuk karyawan ini adalah budidaya ikan air tawar dan ikan hias,” ujar M Ekodiono (44), Penyuluh Perpustakaan, Selasa (5/1/2021).

Ia katakan, anggaran program inklusi sosial tersebut berasal dari iuran yang dilakukan pegawai Perpusda. Diharapkan, dengan adanya program tersebut bisa menambah kegiatan pegawai, sekaligus belajar bersama bagaimana cara merawat ikan dengan kolam terpal.

Eko mengaku, progam yang sudah diadakan selama tiga bulan ini, pernah mengalami kendala. Antaranya, kerugian yang mencapai Rp 3 juta untuk pembibitan ikan koi, dan Rp 120 ribu untuk pembibitan ikan air tawar.

“Untuk awalnya, kita banyak sekali mengalami kegagalan, mulai dari bibit ikan yang mati, karena faktor tempat untuk pembibitannya. Seperti terpal dan bahan semennya yang ternyata juga mempengaruhi daya tahan tumbuh ikannya,” tukasnya.

Setelah tiga bulan berjalan, Eko mengaku kini sudah bisa berkembang, bahkan ikan-ikanya sudah tumbuh dengan baik.

Baca juga : Program Inklusi Sosial Bawa Perpusda Kudus Raih Penghargaan Tingkat Nasional

Selain budidaya ikan, Eko menjelaskan, bahwa ke depan akan ada budidaya Burung Love Bird. Selain budidaya ikan untuk karyawan laki-laki, ada juga progam inklusi sosial karyawan perempuan yaitu progam penanaman tanaman hias.

Ke depannya Eko berharap, dengan adanya progam ini bisa menjadi tambahan pendapatan untuk pegawai perpusda dan bisa menjadi tambahan ilmu baru.

Editor : Kholistiono

Tinggalkan Balasan

27,870FansSuka
14,114PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
27,373PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler