31 C
Kudus
Jumat, April 19, 2024

Ada Sejak 1970, Bengkel Cat Pertama di Kudus Ini Merentang dari Zaman Sepeda Hingga Mobil

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang pria terlihat sedang memegang tabung cat semprot di sebuah bengkel, Jalan KH Agus Salim, tepatnya di sebelah selatan toko Benang Raja, Kelurahan Wergu Wetan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. setelah memastikan tersemprot sempurna, ia kemudian mengecet komponan motor yang sudah digantung sebelumnya. Pria tersebut yakni Purwanto (41), pemilik Bengkel Cat Mobil Mas Pur.

Di sela aktivitasnya, pria yang akrab disapa Pur itu bersedia berbagi informasi tentang usahanya. Dia mengatakan, usaha tersebut dirintis sejak 1970 oleh orang tuanya. Bahkan, tempatnya itu merupakan bengkel cat pertama di kudus. ia mulai membantu dan mewarisi usaha tersebut sejak 1998 setelah lulus SMA.

Purwanto saat mengecat bagian motor di bengkel catnya. Foto: Kaerul Umam.

“Merintis usaha ini, dari orang tua saya pada tahun 1970, yang dulunya hanya cat untuk sepeda karena belum banyak yang mempunyai motor dan mobil saat itu. Pada waktu itu, orang tua saya adalah orang pertama yang membuka usaha ini di Kudus,” bebernya kepada betanews.id, Kamis (31/12/2020).

Baca juga: Kotot Beri Nama Bengkel Cat Mobilnya Sesuai Wasiat Sang Kakek

Usaha yang menawarkan jasa cat itu, lanjut Pur, melayani pengecatan sepeda, motor, dan mobil. Dalam usahanya itu, dirinya memberikan pelayanan dan kualitas cat terbaik untuk pelanggan. Dengan estimasi tahan lama minimal 3 tahun hingga selamanya, tergantung dari perawatan dan penggunaan.

“Harga jasa cat di sini berbeda-beda, cat sepeda kisaran mulai dari Rp 175 ribu hingga Rp 200 ribu, cat motor dari Rp 500 ribu hingga Rp 600 ribu, untuk harga tersebut, sudah keseluruhan pada komponen. Sedangkan cat mobil, minimal Rp 150 ribu hingga tak terhingga, karena kebanyakan mobil biasanya menambal cat,” ungkap warga Desa Ngembal Rejo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus itu.

Di usaha miliknya itu, dirinya bisa mengecat bagian yang lecet saja, artinya tidak semua bagian harus dicat. Jadi, akan lebih irit dibandingkan dengan cat keseluruhan. Pelanggan yang sudah mampir dan melihat jasanya itu dari beberapa daerah. Di antaranya meliputi, Demak, Jepara, Pati, Rembang, dan tentunya Kudus. Dalam sehari untuk jasa catnya itu bisa menyelesaikan 3 mobil dan 6 motor.

“Dulu pelanggan dari Demak, Jepara, Pati, Rembang, dan Kudus. Karena dulu, usahanya ini pertama di Kudus dan sekitarnya. Sekarang ini sudah banyak yang menyediakan jasa cat seperti ini,” katanya di toko yang buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB itu.

Baca juga: RKY Custom, Bengkel Spesialis Restorasi Motor Jadul

Pur menambahkan, untuk kendala yang dialaminya ada di tempatnya yang kecil. Karena dulunya mempunyai kios di area stasiun kereta lama. Dirinya tidak ingin pindah jauh-jauh dari tempat yang sudah dikenal oleh pelanggannya. Sebab itu, dirinya masih membuka di dekat kios dulu.

“Saya berharap semoga kedepannya, ada tempat di sekitaran tempat ini yang dijual, dan saya berminat untuk membelinya,” tutupnya.

Salah seorang pelanggan Mocha Riri mengungkapkan, berlangganan jasa cat di tempat tersebut sejak 1998 waktu masih muda. Karena dirinya suka renovasi motor, dan pengecatan diserahkan kepada jasa cat yang di miliki Pur itu.

“Menurut saya, untuk kualitas cat dan harga di sini bagus dan murah. Bagi saya cocok dan sangat memuaskan,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER