31 C
Kudus
Minggu, November 29, 2020
Beranda Business Masa Depannya Buram...

Masa Depannya Buram Saat Kerja di Pabrik, Wahyu Kini Sukses Jualan Ban Motor

BETANEWS.ID, KUDUS – Di dalam sebuah bangunan yang berada di tepi Jalan Cipto Kusumo, Desa Loram Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, tampak puluhan ban motor. Di antara ban itu, seorang pria sedang merapikan barang dagangannya itu sambil menunggu pembeli datang. Pria tersebut yakni Wahyu Dwi Firmanto (22) pemilik Bakoel Ban.

Sembari menunggu pelanggan, pria yang akrab disapa Wahyu itu sudi berbagi kisah tentang usahanya. Dia mengatakan, mulai merintis usaha jual ban sejak Februari 2020, setelah ia memutuskan keluar dari kerja pabrik. Dia mengaku, setelah lulus SMK pada 2015, kemudian kerja di perusahaan benang di Demak.

Toko Bakoel Ban yang menjual berbagai ban baik bekas maupun baru milik Wahyu. Foto: Rabu Sipan.

Namun, kata dia, karena kebijakan perusahaan yang tidak akan mengangkat pekerjanya jadi karyawan tetap, ia pun berpikir untuk menyiapkan masa depannya. Dia tidak ingin selamanya jadi buruh kontrak, yang otomatis tidak jelas masa depannya.

“Saya bekerja di pabrik tersebut selama empat setengah tahun. Karena tidak ada prospek jadi karyawan tetap, saya keluar kerja dan memutuskan untuk merintis usaha,” ujar Wahyu kepada Betanews.id, Jumat (13/11/2020).

Baca juga: Bisa Restorasi Motor Jadul Hanya Dalam Dua Hari, Bengkel DID Custom Ramai Orderan

Pria yang tercatat sebagai warga Desa Pasuruhan Lor, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus itu merintis usaha penjualan ban dengan modal tabungan selama kerja serta uang BPJS Ketanagakerjaan. Saat itu, tuturnya, modal awal usahanya untuk mendirikan Bakoel Ban yakni Rp 10 juta. Dengan rincian Rp 4 juta untuk sewa tempat dan Rp 6 juta untuk belanja ban motor.

Menurutnya, memilih usaha penjualan ban karena setiap tahun sepeda motor selalu diproduksi dan tentunya berikut bannya. Sedangkan ban itu kan sekali pakai dan buang, jadi saat ban bawaan pabrik di motor itu sudah tipis, otomatis pemilik motornya akan menggantinya.

“Usaha ban motor itu prospeknya sangat cerah. Selagi motor masih diproduksi berarti jualan ban motornya pasti laku,” beber pria lajang tersebut.

Anak bungsu dari dua bersaudara itu mengatakan, Bakoel Ban menyediakan ban baru dan bekas dari berbagai merek. Untuk harga ban bekas mulai Rp 40 ribu sampai Rp 150 ribu. Sedangkan harga ban baru kisaran antara Rp 115 ribu sampai Rp 400 ribu. Sedangkan ban dalam dijual mulai harga Rp 20 ribu.

“Setiap pembelian semua jenis ban di Bakoel Ban gratis pemasangan,” jelas pria yang mengenakan kaus dan masker hitam tersebut.

Baca juga: Hobi Kustom Motor Mini yang Justru Jadi Peluang Bisnis Bagi Misbah

Dia menuturkan, ban yang dijualnya itu lumayan laris. Untuk ban bekas setiap hari ia bisa jual 30 ban dan yang baru bisa menjual sekitar 20 ban. Dari penjualan ban tersebut, ia bisa menghasilkan penghasilan bersih Rp 9 juta sebulan.

Dia bersyukur usaha yang dirintisnya mulai jalan, dan terlihat hasilnya. Dia pun mengajak para remaja agar berani untuk merintis usaha. Menurutnya, punya usaha itu lebih enak, tidak yang memerintah. Penghasilannya pun lumayan.

“Para remaja generasi penerus bangsa marilah merintis usaha. Yakinlah punya usaha itu lebih menjanjikan, lebih santai bekerjanya, dan penghasilannya lebih besar dari bekerja di perusahaan,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Tinggalkan Balasan

27,184FansSuka
13,973PengikutMengikuti
4,307PengikutMengikuti
23,029PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Setiap Hari Ratusan Orang Menikmati Sedapnya Nasi Gandul Pak Harjo yang Legendaris

BETANEWS.ID, PATI - Di tepi Jalan Diponegoro, Desa Puri, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, terlihat sebuah warung makan yang ramai  pengunjung. Beberapa orang...

Milad Muhammadiyah, Hartopo : ‘Teruslah Konsisten Memberi Solusi untuk Negeri’

BETANEWS.ID, KUDUS - Plt Bupati Kudus HM Hartopo menghadiri Resepsi Milad Muhammadiyah ke-108 di Auditorium Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU), Sabtu (21/11/2020). Dalam...

Tolak Gaji Rp 25 Juta Per Bulan di Jepang, Safuan Pilih Rintis Usaha Produksi Pupuk Organik

BETANEWS.ID, KUDUS - Beberapa pria tampak sedang sibuk di sebuah pekarangan di Dukuh Bonajar RT 2 RW 6, Desa Puyoh, Kecamatan Dawe,...

Mie Ayam Goreng Buah Naga, Kuliner Enak yang Murah dan Menyehatkan

BETANEWS.ID, KUDUS - Di sebuah kedai yang berada di komplek kuliner JJS depan Universitas Muria Kudus tampak sepasang suami istri sedang sibuk....

UMK Eks Karesidenan Pati, Rembang Terendah Kudus Tertinggi

BETANEWS.ID, MAGELANG - Upah Minimum Kabupaten (UMK) di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2020. Kenaikannya bervariasi mulai dari...

IAIN Salatiga Ciptakan Aplikasi Belajar Daring yang Diklaim Ungguli Google Clasroom

BETANEWS.ID, SALATIGA – Seorang pria terlihat sedang sibuk mengoperasikan komputer di sebuah ruang Gedung Rektorat IAIN Salatiga, Senin (12/10/2020). Tangannya tampak cekatan...

Angkat Kearifan Lokal Desa Tawangrejo Melalui Ragam Motif Batik Tawung Sari

BETANEWS.ID, PATI - Di sebuah rumah yang berada di Desa Tawangrejo, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati terlihat beberapa orang sedang membuat kain batik....