31 C
Kudus
Rabu, Februari 28, 2024

Hasil Swab Sementara, Pegawai Pemkab Kudus yang Terkonfirmasi Positif Corona 37 Orang

BETANEWS.ID, KUDUS – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus melakukan skrining massal kepada semua pegawai yang berada di Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kudus. Baik Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Honorer Daerah (PHD) dan tenaga kontrak.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus, Andini Aridewi menuturkan, skrining tersebut dilakukan setelah ada satu ASN Bagian Hukum Setda Kudus yang meninggal terkonfirmasi positif Covid-19 pada Kamis (24/9/2020) lusa. Sejak itu, pihaknya melakukan skrining ke seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus.

Baca juga : 93 Pegawai Setda Kudus Hari Ini Diswab

“Ini ada update lagi. Kemarin 27 kasus yang positif. Ini ada kasus baru,” tuturnya saat ditemui di Pendapa Kabupaten Kudus, Sabtu (10/10/2020).

Menurut Andini, sesuai data per 9 Oktober 2020, terdapat penambahan kasus 10 orang pegawai Pemkab Kudus yang terkonfirmasi positif. Jadi total keseluruhan saat ini yakni 37 orang.

37 kasus tersebut, lanjut Andini, yakni hasil traking tes swab yang dilakukan kepada 518 orang. Tes swab massal sendiri mulai dilakukan mulai Kamis (24/9/2020). “Ini kami masih proses traking. Traking juga dilakukan kepada keluarga di luar,” tambahnya.

Andini memberitahukan, bagi pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebagian besar melakukan isolasi secara mandiri di rumah. Namun pihaknya menemukan ada dua pasien yang harus dirawat di rumah sakit karena memiliki gejala sedang. “Untuk yang isolasi mandiri itu pasien OTG (Orang Tanpa Gejala),” tuturnya.

Dikatakan Andini, dari jumlah 37 kasus tersebut, ada beberapa orang yang sudah sembuh. Karena sudah melewati 14 hari masa isolasi. Namun pihaknya tetap akan melakukan tes swab terakhir untuk memastikan betul kondisi pasien.

“Beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) sudah banyak yang sembuh,” tambahnya.

Sementara itu, Plt Bupati Kudus HM Hartopo menuturkan, pihaknya melakukan skrining ke seluruh pegawai yang ada di Kantor Kabupaten Kudus, baik di gedung A, B dan C. Menurutnya, untuk pegawai terkonfirmasi positif Covid-19 namun memilih untuk melakukan isolasi mandiri, agar selalu komitmen dengan arahan yang diberikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus.

Baca juga : Hasil Swab Sementara, 13 Pegawai Pemkab Kudus Terkonfirmasi Positif Covid-19

“Isolasi harus kamar sendiri. Keluarga juga harus komitmen dengan gugus tugas. Artinya tidak boleh interaksi dan harus selalu pakai masker,” tuturnya.

Menurutnya, pihaknya akan selalu memonitor para pasien isolasi mandiri tersebut lewat petugas puskesmas terdekat. Selain itu, pihaknya juga akan meminta bantuan kepada Satgas Jogo Tonggo di setiap RW. “Kami akan selalu monitor perkembangan mereka,” tambahnya.

Editor : Kholistiono

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER