31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

6.175 Petani di Kudus Disebut Belum Miliki Kartu Tani

BETANEWS.ID, KUDUS – Sebanyak 6.175 petani di Kabupaten Kudus ternyata masih belum memiliki Kartu Tani. Kartu tersebut berfungsi untuk mengambil pupuk subsidi yang diberikan oleh pemerintah.

Admin Kartu Tani Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus, Moh Rozi menuturkan, berdasarkan data per 20 September 2020, jumlah petani di Kudus yakni sebanyak 43.538 orang. Dari jumlah tersebut, 37.363 orang yang telah mengajukan dan terunggah dalam sistem.

Baca juga : Mulai September 2020, Beli Pupuk Bersubsidi Wajib Gunakan Kartu Tani

“Sisanya masih ada 6.175 orang atau 14,1 pesen belum memilikinya,” tuturnya Sabtu (26/9/2020).

Selain itu, lanjut Rozi, terdapat juga petani yang sudah terdata memiliki Kartu Tani, namun kartunya hilang dan rusak. Menurutnya, kartu itu sebelumnya dianggap tidak memiliki manfaat. Padahal per tanggal 1 September 2020, pemerintah mewajibkan para petani jika mengambil pupuk subsidi harus menggunakan Kartu Tani.

“Karena memang dulunya Kartu Tani tidak memiliki apa-apa, jadi ada Kartu Tani yang hilang dan rusak,” jelasnya.

Rozi memberitahukan, dari jumlah 37.363 orang yang sudah terdaftar, sebanyak 33.903 buah sudah tercetak. Kemudian, 27.204 buah sudah didistribusikan kepada petani. Sedangkan yang belum didistribusikan 6.700 kartu.

“Ini masih ada di BRI unit. Paling banyak yang belum terbagi dari Kecamatan Undaan. yaitu sebanyak 4.688 buah,” tuturnya.

Menurut Rozi, untuk mengatasi persoalan masih banyaknya petani yang belum memiliki Kartu Tani dan pendistribusian, pihaknya menjadikan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) untuk menjadi posko konsultasi Kartu Tani. Menurutnya, BPP yang berada di tingkat kecamatan dapat dijadikan pusat layanan dan informasi.

Baca juga : Dispertan Kudus Ajukan Penambahan Pupuk Subsibi 15.900 Ton

Sementara itu, Kepala Dispertan Kabupaten Kudus Catur Sulistiyanto meminta para petani yang belum memiliki Kartu Tani segera datang langsung ke BPP. Nantinya, di BPP setiap petani akan mendapatkan informasi mengenai mekanisme cara mendapatkan Kartu Tani.

“Yang jelas, petani harus bergabung dengan kelompok tani untuk memperoleh Kartu Tani tersebut,” tuturnya.

Editor : Kholistiono

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER