31 C
Kudus
Senin, Juli 13, 2020
Beranda Kudus Pemohon SKCK Masih...

Pemohon SKCK Masih Membludak Meski Dibatasi 100 Orang Sehari

BETANEWS.ID, KUDUS – Ratusan orang tampak berdiri di depan tempat pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Markas Polisi Resor (Mapolres) Kudus, Senin (29/6/2020). Diantara pemohon tersebut, tampak seorang pria mengenakan baju putih dan celana hitam sedang memberi arahan. Pria itu tak lain adalah Iptu Heri Purwanto (49), Kaur Bin Opsnal Sat Intel (KBO) Polres Kudus, yang sedang menjelaskan jadwal membuat SKCK kepada mereka.

Usai memberi arahan, pria yang akrab disapa Heri itu berbagi penjelasan kepada betanews.id tentang pembuatan SKCK. Dia mengatakan, dari pihak kepolisian sebenarnya sudah membatasi pemohon dan membuatkan jadwal. Yaitu pembatasan 100 orang per hari yang berlaku bagi pemohon SKCK baru, sedangkan untuk perpanjangan tidak ada pembatasan.

Pemohon SKCK di Polres Kudus tampak memadati area depan tempat pembuatan SKCK di Polres Kudus, Senin (29/6/2020). Foto: Ahmad Rosyidi.

“Sebenarnya sudah kami batasi, per hari 100 orang pemohon SKCK baru. Karena membuat baru prosesnya lebih lama, jadi kita batasi. Pembatasan itu demi menghindari kerumunan saat antre, karena kami sudah menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya, Senin (29/6/2020).

Menurutnya, antrean masih ramai karena ada warga yang datang tidak sesuai jadwal. Pihaknya sudah berusaha memberi penjelasan kepada mereka agar sabar dan datang sesuai jadwal.

Baca juga: Pemohon SIM Meningkat, Satlantas Polres Kudus Perketat Protokol Kesehatan

“Kami sudah berusaha memberi penjelasan. Mungkin karena terlalu lama jadi ada yang tidak sabar. Sebenarnya saat ini pemohon sudah mulai berkurang, sebelumnya antrean hingga sepekan lebih,” kata warga Desa Jati Kulon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus itu.

Mekanismenya, warga yang datang harus mengambil formulir kemudian akan mendapat jadwal pembuatan SKCK. Heri melanjutkan, saat ini jadwal antrean sudah berkurang menjadi tiga hingga empat hari, dari sebelumnya yang mencapai sepekan.

“Ini sudah berkurang sebenarnya. Jadi warga yang datang kami beri formulir dulu, di formulir ada jadwalnya. Karena ini masa lulusan sekolah jadi pemohon SKCK meningkat. Apalagi kemarin kita juga tutup cukup lama, jadi kami memaklumi,” jelasnya.

Baca juga: Satlantas Polres Kudus Masih Tunggu Intruksi untuk Pembuatan SIM Gratis pada 1 Juli 2020

Sementara itu, pemohon SKCK baru Muhammad Bagas Prasetyo (19) mengaku sudah antre hingga dua pekan. Dirinya mendapat jadwal hari Jumat, tetapi hari itu dia datang sudah tutup. Sehingga warga Desa Kesambi, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus itu datang lagi hari Senin.

“Ini sudah berkurang, saya tanya tadi antrean tidak sampai sepekan. Kalau saya kemarin menunggu lama. Ini sudah bawa persyaratan tinggal ambil,” tukas Bagas.

Editor: Ahmad Muhlisin

Karir Beta Media

Kami menantang kalian untuk bergabung di Tim Beta Media. Sebagai Media baru kami butuh talenta muda yang suka tantangan.

Tinggalkan Balasan

24,765FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,303PengikutMengikuti
13,616PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Mobil yang Diduga Digondol Perampok Ada di Tepi Jalan Sejak Pagi

BETANEWS.ID, KUDUS - Satu unit kendaraan Toyota Innova bernomor polisi K-9369-DT menjadi perhatian sejumlah pengendara yang melintas di depan SMPN 1 Jati,...

Pesona Keindahan Alam Bak Raja Ampat, Bukit Puser Angin Diserbu Wisatawan

BETANEWS.ID, KUDUS - Pagi itu Sabtu (11/7/2020) Bukit Puser Angin Kudus ramai pengunjung. Terlihat para pengunjung ada yang datang menggunakan motor, sepeda...

Berjam-Jam Perampok Satroni Rumah di Jalan Ahmad Yani Kudus, Gondol Rp 2 M

BETANEWS.ID, KUDUS - Kawanan perampok menyatroni rumah milik Lim Cahyo Wibowo yang berada di Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Kota...

Gudang Sepeda Milik Fais, Surganya Spare Part Baru dan Bekas di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS - Puluhan orang datang silih berganti ke gudang onderdil sepeda milik Fais, Selasa (7/7/2020). Mereka terlihat masuk dan kemudian memilah...

Rumah Kemasan Jateng Bikin Tampilan Produk UKM Berkelas Internasional

BETANEWS.ID, SEMARANG – Saat gowes dan melintas di depan gedung yang bertuliskan Rumah Kemasan, di Jl Ki Mangunsarkoro Kota Semarang, Jumat (10/7/2020),...

Jalani Bisnis dari Hobi, Kini Vape Jadi Ladang Rezeki Cukong

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi utara Jalan Gang Veteran Desa Janggalan, Kecamatan Kota, Kudus tampak bangunan berlantai dua berpintu kaca. Di dalam...

Ganjar Minta Bupati dan Wali Kota Bentuk Gugus Tugas Khusus di Kawasan Industri

BETANEWS.ID, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta bupati dan wali kota membentuk gugus tugas khusus di kawasan industri. Menurutnya, untuk...