31 C
Kudus
Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBISNISBisnis Kameranya Ramai,...

Bisnis Kameranya Ramai, Modal Awal Umam Hanya Handycam Harga Sejuta

BETANEWS.ID, KUDUS – Rumah bercat kuning di Desa Gribik, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus itu tampak sepi aktivitas, Selasa (9/6/2020). Di bagian depan bangunan, terdapat spanduk kecil bertuliskan “100% Seller Photography”. Itulah rumah milik Khoirul Umam (25), owner dari Yuka Kamera. Sebuah toko kamera yang cukup banyak diminati oleh pelanggan di marketplace.

Di rumah mungil itu pula, Umam selama hampir tiga tahun ini menjalankan usaha penyewaan dan jual beli kamera. Sampai saat ini, dia memang belum berpikiran untuk mendirikan toko fisik. Pelayanan kepada pelanggan dilakukannya lewat daring dari rumahnya. Termasuk juga pemasaran kameranya juga banyak dilakukan di toko daring.

Khoirul Umam sedang merapikan beberapa kamera yang disewakan melalui YUka Kamera di kediamannya, Selasa (9/6/2020). Foto: Titis Widjayanti.

“Kalau outlet berbentuk toko memang tidak ada. Ini rumah sekaligus sebagai tempat untuk menyimpan barang dagangan. Karena selama ini kalau jual-beli kamera, saya lebih ke online atau marketplace. Seperti shoope. Jadi barang pun tinggal dikirim ke pembeli. Semua yang dijual adalah kamera second,” papar Umam.

- Ads Banner -

Yuka Kamera sendiri, lanjutnya, bermula dari penyewaan kamera yang dimulai saat masih duduk di Madrasah Aliyah (MA) sekitar 3 tahun silam. Modal awalnya pun hanya handycam harga sejuta. Dari kamera khusus video itu, Umam kemudian mulai merintis usaha di bidang kamera hingga sukses seperti saat ini.

Baca juga: Albert Home Studio Foto, Siapkan Konsep Kekinian untuk Manjakan Konsumen

“Jadi awalnya satu handycam. Saat study tour sekolah. Saya beli untuk kebutuhan dokumentasi. Karena memang sudah suka dunia foto dan videografi sejak dulu. Lalu akhirnya lama-lama saya sewakan, karena melihat waktu itu rental alat semacam itu belum banyak. Dan ternyata benar. Laris manis disewa oleh pelanggan. Utamanya saat weekend,” papar Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika UMK Kudus Semester 4 itu.

Dari sana lah, Umam mulai membuka Yuka Kamera dengan fokus di penyewaan kamera. Seiring berjalannya waktu, ia juga mulai membuka jasa lain, seperti foto wedding, pembuatan video untuk profil perusahaan, hunting foto pribadi, hingga jual beli kamera. Sampai enam bulan lalu, ia juga menyediakan jasa penyewaan drone berikut jasa pengoperasiannya.

“Kalau drone ini baru. Ya itu tadi, mengikuti pasar, ya. Tapi kalau drone ini saya sewakan berikut pilotnya, yaitu saya sendiri. Karena memang pengoperasiannya nggak semua orang langsung bisa. Kalau handycam saat ini sudah jarang yang minat nyewa. Apalagi rental kamera juga sudah mulai banyak,” papar dia.

Sambil memperlihatkan beberapa kamera di etalase penyimpanan, Umam menambahkan, selama menjalankan usaha tersebut, dia juga beberapa kali menemui kesusahan. Di antaranya pernah ditipu oleh orang dan kehilangan sebuah kamera. Selain itu, pernah dua kali harus datang ke pegadaian luar kota karena kameranya digadaikan oleh penyewa. Dari sana, akhirnya ia memutuskan untuk sementara ini hanya melayani penyewa dari Kota Kudus.

“Dulu pernah ditipu orang. Pakai KTP palsu. Waktu saya samperi ke alamatnya, ternyata itu bukan KTP dia. Ya kehilangan satu kamera. Terus pernah disewa orang sini (Kudus) dan orang Semarang. Itu waktu saya tanyakan dan lacak, ternyata kamera saya di pegadaian. Akhirnya saya harus ke pegadaian Jepara dan Semarang,” tutup Umam

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler