31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaKUDUSAmankah Pakai Masker...

Amankah Pakai Masker saat Bersepeda? Ini Penjelasan Ahli Paru RS Mardi Rahayu

BETANEWS.ID, KUDUS – Masa pandemi Covid-19 banyak dimanfaatkan masyarakat untuk bersepeda. Tak heran jika aktivitas gowes itu kemudian jadi tren baru. Di berbagai tempat, mudah sekali menemukan pesepeda yang meramaikan jalanan. Ada yang melakukannya bersama teman, rekan kerja, maupun keluarga.

Namun tak jarang, pesepeda itu tidak menggunakan masker seperti yang dianjurkan oleh pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Corona. Salah satu alasannya karena mereka menganggap memakai masker itu membuat sulit bernafas.

Dokter Spesialis Paru RS Mardi Rahayu Kudus dr Luluk Adipratikno, saat ditemui, Kamis (18/6/2020). Foto: Titis Widjayanti.

Nah, benarkah bersepeda tanpa menggunakan masker lebih menyehatkan? Simak penjelasan dokter spesialis paru RS Mardi Rahayu Kudus dr Luluk Adipratikto (61), saat ditemui, Kamis (18/6/2020).

- Ads Banner -

Dia menjelaskan, berolahraga di tengah pandemi seperti saat ini tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya ialah memakai masker, jika aktivitas fisik tersebut dilakukan di luar rumah. Menurutnya, pemakaian masker cukup efektif untuk menghindari penularan Covid-19, dan tentunya harus dibarengi dengan menjaga jarak.

Baca juga: Pemkab Kudus Wacanakan Buat Rumah Sakit Sentral Covid-19

Hal tersebut juga berlaku untuk masyarakat yang baru-baru ini nampak marak bersepeda sebagai olahraga yang sedang naik daun.

“Semua jenis olaraga, ya. Termasuk bersepeda. Intinya harus mematuhi protokol kesehatan. Tetap harus menggunakan masker dan jaga jarak,” tegas dokter spesialis paru satu-satunya di RS Mardi Rahayu tersebut.

Menurutnya, penularan virus di tempat umum resikonya pasti lebih besar. Makanya, penggunaan masker ini begitu penting sebagai tameng.

“Karena kalau ada orang yang misal bersepeda, dia bersin dan memang terinveksi, virus itu bisa terbawa bahkan sampai 20 meter ke belakangnya. Karena kena angin itu. Jadi memang harus tetap pakai masker,” papar dia.

Mengenai isu bahaya memakai masker saat olahraga, khususnya bersepeda, Luluk menjelaskan, jika menggunakan masker yang tepat, penggunaannya saat bersepeda akan aman. Masker yang tepat adalah non-medis seperti halnya yang harus digunakan oleh masyarakat saat keluar rumah.

Baca juga: Penjualan Sepeda di Toko Suka Jaya Meroket, Sepeda Gunung dan Lipat Terlaris

Dicontohkan olehnya, saat bersepeda, maka tidak tepat jika menggunakan masker medis seperti jenis N95. Karena masker tersebut secara lapisan dan bahan sangat minim untuk mendapatkan oksigen di udara.

“Kalau olahraga, misal bersepeda kan kita supaya menjaga kesehatan. Jangan sampai kebalikannya. Jadi tetap memakai masker, tapi masker yang non-medis, seperti masker kain. Itu bisa digunakan untuk aktivitas olahraga. Dan tentunya lebih aman, karena untuk akses oksigen juga masih bisa kita hirup melalui masker tersebut. Jangan memakai masker N95, itu justru berbahaya,” tukas dia.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler