31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaJATENGPenerbangan Beroperasi Lagi,...

Penerbangan Beroperasi Lagi, Ganjar Cek Protokol Kesehatan Bandara Ahmad Yani

BETANEWS. ID, SEMARANG – Pagi itu, Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang tampak lengang. Meski pemerintah pusat membuka kembali moda transportasi umum, tidak terlihat ada penumpukan calon penumpang di beberapa konter maskapai.

Kondisi yang sepi membuat deretan bangku yang ada di dalam bandara terlihat kosong melompong. Puluhan toko yang biasanya menjajakan penganan juga tutup.

Hal itu terlihat saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau tempat tersebut, Sabtu (16/5/2020). Saat Ganjar datang, desain terminal keberangkatan yang dilewatinya sedikit berbeda dari biasanya. Di lantai, terdapat garis-garis antrean dan di samping kiri kanan ada penyekat para calon penumpang yang mengarahkan pada mesin pengecek suhu otomatis.

Ganjar Pranowo saat mengecek Bandara Ahmad Yani, Sabtu (16/5/2020). Foto: Ist
- Ads Banner -

Usai dari pengecekan suhu tubuh, penumpang kemudian diarahkan ke ruang tunggu pemeriksaan berkas. Tempat itulah yang menentukan penumpang boleh naik pesawat atau harus pulang karena syaratnya tidak lengkap.

“Ini keren ya, jadi saat penumpang masuk, sudah terdeteksi suhu tubuhnya. Ada jarak yang diatur dan setelah itu dicek persyaratannya di sini. Saya minta protokol kesehatannya benar-benar diterapkan, baik di kedatangan maupun keberangkatan,” pesannya.

Baca juga: Penerapan Physical Distancing oleh PT Djarum Akan Dijadikan Percontohan

Saat melihat-lihat di dalam terminal keberangkatan, Ganjar hanya menemukan beberapa petugas bandara dan tiga calon penumpang. Tiga calon penumpang itu diketahui hendak ke Jepang untuk urusan pekerjaan.

“Syaratnya sudah lengkap, kan? Mana coba saya lihat,” kata Ganjar kepada tiga calon penumpang itu.

Kepada Ganjar, mereka memperlihatkan persyaratan yang cukup banyak. Ternyata, semuanya telah mempersiapkan persyaratan sesuai peraturan dari pemerintah.

Ditemui usai keliling, Ganjar mengaku puas dengan penerapan protokol kesehatan di bandara. Pengecekan kesehatan dan persyaratan dilakukan cukup ketat dan disiapkan tempat mengantri sesuai dengan petunjuk yang ada.

“Saya lihat sudah disiapkan, protokol kesehatannya cukup ketat, ada pengecekan suhu tuhuh, pengecekan persyaratan dan sebagainya,” kata Ganjar.

Baca juga: Begini Situasi Stasiun Tawang di Hari Pertama Disinggahi KA Luar Biasa

Dari informasi yang dia dapat, dalam sehari, Bandara Ahmad Yani hanya melayani satu penerbangan, dengan rata-rata penumpang sekitar 30.

“Jadi kalau dari sisi penerbangan, tidak ada lonjakan berarti. Mudah-mudahan ini bisa mengontrol semuanya,” tegasnya.

Ganjar juga meminta para petugas bandara untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Ia meyakini, semua petugas bandara sudah paham terkait mekanisme itu.

“Mereka sudah tahu semuanya, termasuk informasi berapa penumpang yang ada, dari mana saja, termasuk para pekerja migran kita dari luar negeri. Checking sudah dilakukan, dan para penumpang yang mau mendarat itu di tempat asal sudah dilakukan pemeriksaan, jadi saat mendarat di sini, tinggal cek ulang saja. Mudah-mudahan semua aman,” tutupnya.

Editor: AHmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler