31 C
Kudus
Rabu, Februari 28, 2024

Dapur Umum TNI-Polri di Kudus Sediakan 500 Porsi Makanan untuk Buka Puasa

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten Kudus bekerja sama dengan Polres dan Kodim 0722/Kudus mendirikan dapur umum untuk menyediakan makanan gratis bagi warga yang terdampak Covid-19. Dapur umum yang berada di Makodim Kudus tersebut mulai beroperasi pada Sabtu (2/5/2020).

Kapolres Kudus AKBP Catur Gatot Efendi mengatakan, dapur umum tersebut setiap harinya akan menghasilkan sekitar 500 porsi. Nantinya, nasi tersebut akan dibagikan kepada masyarakat terutama yang terdampak Covid-19. Pembagiannya sendiri dilakukan sekitar pukul 16.00 WIB atau jelang waktu berbuka puasa.

Relawan sedang membantu memasak di dapur umum yang ada di Makodim Kudus. Foto : Imam Arwindra

Keberadaan dapur umum tersebut, menurutnya akan rutin dilakukan. Catur merencanakan, kegiatan akan dilakukan tiga kali dalam sepekan. “Minggu ini kita evaluasi dulu. Jika nanti benar-benar dibutuhkan. Kami akan lakukan,” jelasnya.

Baca juga : Didukung Penuh Orang Tua, Indah Mantap Jadi Relawan Medis Covid-19

Dalam pembagiannya, pihaknya mengaku sudah memetakan lokasi mana yang akan dituju. Sasaran yang akan diberi, yakni masyarakat kurang mampu, tukang becak, tukang ojek, PKL dan masyarakat lainnya yang terkena dampak Covid-19.

“Covid-19 kan sudah berlangsung lama. Kami ada gagasan dengan Pak Dandim, dan pemda untuk buat dapur umum. Ini bisa membantu mengurangi beban masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0722/Kudus, Letkol Arm Irwansah menuturkan, menu yang dimasak sama seperti makanan pada umumnya. Dia menunjukkan, terdapat nasi, ayam dan sayur yang diolah. Setelah itu, makanan dimasukkan kotak untuk nanti diserahkan kepada masyarakat.

Baca juga : Kembali Bagi-Bagi Sembako, Polres Kudus Sasar Tukang Ojek Pangkalan dan Becak

“Ini momentum Ramadan. Bulan penuh berkah. Jadi kita harus saling membantu. Terutama dalam menghadapi pandemi ini,” tambahnya.

Pihaknya hanya ingin berusaha, di Kudus tidak ada masyarakat yang kelaparan. Terutama yang terdampak Covid-19.

Editor : Kholistiono

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER