31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaBISNISBerdiri Sejak 1982,...

Berdiri Sejak 1982, Doctor Kunci Moro Dadi jadi Muara Masalah Kunci di Pati

BETANEWS.ID, PATI – Baskoro Adi Putro (35) sesekali mengelap peluh di dahinya. Cuaca yang begitu terik di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Puri, Kecamatan Kota, Kabupaten Pati, siang itu, memang menjadikannya sering berkeringat. Namun, ia tampak tak mempermasalahkannya jika melihat tangannya yang masih cekatan mengerjakan pesanan kunci di Doctor Kunci Moro Dadi.

Hari itu, ia sedang melayani pelanggan yang ingin menggandakan kunci rumahnya. Tidak ada lima menit, kunci berbahan dasar kuningan sudah jadi dan dibayar oleh pelanggan sesuai dengan kesepakatan.

Baskoro sedang mengerjakan pesanan kunci di Doctor Kunci Moro Dadi, Kamis (30/4/2019). Foto: Titis Widjayanti.

Pria asli Winong, Kabupaten Pati itu mengatakan, tempatnya bekerja ini memang sudah jadi langganan berbagai kalangan sejak awal berdiri di tahun 1982. Makanya, tempatnya ini selalu ramai setiap hari. Jasa yang ditawarkan adalah pembuatan kunci rumah, gembok, brankas, motor, dan mobil.

- Ads Banner -

“Selama ini, pelanggan yang paling banyak ingin membuat kunci rumah. Tapi semua jenis kunci kami bisa kerjakan. Tidak harus ada contoh. Tapi kalau ada contoh lebih mudah buatnya. Kalau nggak ada, kan harus bongkar dulu,” katanya saat ditemui, Kamis (30/4/2019).

Baca juga: Kopi dan Ketan, Menu Andalan yang Jadi Nama Kafe

Soal harga, Lanjut Bhaskoro, Doctor Kunci Moro Dadi mematok harga mulai dari Rp 30 ribu sesuai dengan bahan yang digunakan. Harga paling mahal itu kunci motor atau mobil terbaru, termasuk juga ada tambahan biaya jika ada panggilan.

“Kalau ada pelanggan yang menelepon, pakai jasa panggilan itu nanti ada biaya bensin,” beber pria yang sudah dua tahun bekerja di jasa kunci tersebut.

Untuk alat, pria yang sebelumnya bekerja jadi sopir itu menggunakan gerinda kecil untuk kunci gembok dan rumah, sedangkan alat bor untuk kunci motor dan mobil.

“Kalau hari normal biasanya sehari bisa dapat Rp 200 ribuan, tapi kalau saat ini memang sepi karena ada wabah,” tutup Bhaskoro.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler