31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Virus Corona Hambat Produksi Barongsai di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Di sebuah ruangan tampak seorang pria sedang merangkai kerangka barongsai. Pria itu tak lain adalah Alvis Rezando (22) seorang perajin barongsai. Alvis sapaan akrabnya, sudi berbagi cerita kepada betanews.id tentang usahanya itu.

Dia mengaku jika saat ini kesulitan membeli bahan baku karena adanya virus Corona. Bahan yang dia gunakan sebagian besar masih impor dari Cina. Seperti bulu domba, bulu kelinci, mata jenggot dan bagian tutup jidat.

Alviz sedang membuat rangka barongsai. Foto : Ahmad Rosyidi

“Adanya virus Corona saat ini saya belum bisa mengambil barang dari Cina hingga waktu yang tidak ditentukan. Untuk sementara, saya menggunakan bahan yang masih ada dengan warna yang terbatas,” ungkap warga Desa Loram Kulon, RT 01 RW 02, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus itu.

Baraongsai buatan Alvis menggunakan ukuran standar tanding. Rangka barongsai Alvis menggunakan bahan rotan, setelah rangkanya jadi kemudian dia melapisi dengan kain kasa dan kertas roti. Untuk corak barongsai dia lukis menggunakan tangan dengan cat mobil, selain warnanya cerah, menurutnya juga lebih awet.

“Proses pembuatan barongsai membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua pekan. Pemasaran saya sudah ke seluruh Indonesia. Pemesanan harus memberi uang muka 50 persen terlebih dahulu sebagai tanda jadi,” jelasnya, Senin (24/2/2020) pagi.

Dia hanya membuat barongsai ukuran standar tanding dengan kualitas yang bagus. Sekarang dia sudah tidak menggunakan bulu sintetis demi menjaga kualitas produknya dan semua menggunakan bulu domba. Alvis menjual barongsainya dengan harga Rp 5,5 juta.

Dia juga menjelaskan, jika ada dua jenis motif wajah barongsai, yaitu hoksan dan futsan. Membuat rangka agar ekspresi wajah barongsai lebih hidup, menurutnya cukup sulit. “Kalau digunakan untuk lomba ekspresi, wajah barongsai juga menjadi bagian penilaian,” tambahnya.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER