31 C
Kudus
Rabu, April 1, 2020
Beranda Jateng Ribuan Wisatawan Manca...

Ribuan Wisatawan Manca Kena ‘Getah’ Corona, Tertahan di Laut Dilarang Merapat ke Semarang

BETANEWS.ID, TEGAL – Isu Virus Corona COVID-19 memberi dampak cukup besar di Indonesia, termasuk di Jawa Tengah. Tak terkecuali bagi para wisatawan asal mancanegara yang berada di Kapal pesiar Viking Sun. Kapal asal Darwin, Australia tersebut dilarang merapat ke Semarang.

Hingga Kamis (5/3/2020), kapal yang membawa sebanyak 1.600 wisatawan itu tersebut masih tertahan di perairan Semarang. Petugas medis masih memeriksa penumpang untuk mengetahui apakah di antara mereka ada yang suspect Corona COVID-19 atau tidak.

Terkait hal tersebut, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, pihak yang mengecek para penumpang Viking Sun dari Kantor Kesehatan Pelabuhan. Tidak hanya wisatawan saja yang dicek, tapi juga para awak kapal.

“Semoga hari ini ada hasilnya. Hasil pemeriksaan saya minta untuk segera diberikan kepada Wali Kota Semarang agar dirapatkan dan diambil keputusan,” kata Ganjar ditemui usai meninjau Gedung Balai Kesehatan Masyarakat di Tegal.

Sedianya kapal dari Darwin tersebut bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, setelah dari Labuan Bajo. Setelah dari Kota Lunpia, para wisatawan direncanakan ke Surabaya dan Bali. Namun, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menolak kedatangan kapal itu, karena diduga ada dua penumpang yang menjadi suspect Corona.

Ganjar menyatakan berharap, semua penumpang dinyatakan sehat dan tidak ada yang menjadi suspect. Namun, jika dari hasil pemeriksaan KKP dinyatakan ada yang menjadi suspect Corona, dirinya akan menerapkan SOP penanganan.

“Sesuai SOP, jika ada yang dinyatakan sebagai suspect Corona harus dikarantina 14 hari. Yang dikarantina tidak hanya suspect, tapi seluruh penumpang. Itu SOP-nya, kalau tidak mau dikarantina ya silakan berlayar pulang ke tempat asal,” ujar Ganjar.

Ganjar menambahkan, pengecekan terhadap penumpang kapal pesiar Viking Sun lanjut Ganjar adalah protokol keamanan di Jawa Tengah. Pihaknya meminta semua hati-hati, tapi tidak boleh paranoid dan ketakutan.

“Kalau hasil pengecekan menyatakan semua wisatawan di kapal pesiar itusehat, maka Pemkot Semarang saya minta agar mereka diguide dengan baik mau piknik kemana. Kalau mereka sehat, maka sya ingin agar pariwisata bisa tetap dikelola. Ndak usah takut,” katanya.

Editor: Suwoko

Tinggalkan Balasan

20,599FansSuka
13,415PengikutMengikuti
4,309PengikutMengikuti
10,120PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

1,8 Juta Warga Jateng Akan Terima BLT, Anggaran Rp 1,4 T Sudah Disiapkan

BETANEWS.ID, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jateng telah menyiapkan dana sebesar Rp 1,4 triliun untuk menanggulangi kasus penyebaran virus corona. Dana tersebut akan...

Polisi Kudus Datang, Kerumunan Muda-Mudi Tunggang-Langgang

BETANEWS.ID, KUDUS - Suara sirine dari mobil polisi memecah suasana malam di sekitar GOR Bung Karno Kudus, Sabtu (28/3/2020) malam. Dari pengeras...

Produksi Dupa di Kudus Terdampak Corona

BETANEWS. ID, KUDUS - Aroma dupa tercium di sebuah ruangan berukuran 4,5 x 3 meter di Desa Loram Kulon, RT 01 RW...

Peduli Pencegahan Corona, Pemdes Jepang Adakan Penyemprotan Disinfektan

BETANEWS.ID, KUDUS - Sebuah mobil pick up terlihat melintas di sebuah jalan di Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Terdengar suara dari...

Jokowi ke Gubernur: Tirulah Jateng, Anggarkan Warga Terdampak Corona!

BETANEWS.ID, SEMARANG - Presiden Jako Widodo memerintahkan semua kepala daerah untuk meniru langkah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam mengatasi kasus dan dampak...

Perangi Covid-19, Rumah Warga Ketitang Wetang Kembali Disemprot Disinfektan

BETANEWS.ID, PATI -Wabah Covid-19 kian membuat warga berbondong-bondong mencari langkah-langkah pencegahan awal. Tak terkecuali warga Desa Ketitang Wetan, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati...

Sembilan Jurnalis Pati yang Kontak dengan Mbah Roso Dinyatakan Negatif Covid-19

BETANEWS.ID, PATI – Sembilan wartawan di Kabupaten Pati telah menjalani rapid test, yang diadakan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati di halaman Stadion...