31 C
Kudus
Senin, September 21, 2020
Beranda Jateng Ribuan Wisatawan Manca...

Ribuan Wisatawan Manca Kena ‘Getah’ Corona, Tertahan di Laut Dilarang Merapat ke Semarang

BETANEWS.ID, TEGAL – Isu Virus Corona COVID-19 memberi dampak cukup besar di Indonesia, termasuk di Jawa Tengah. Tak terkecuali bagi para wisatawan asal mancanegara yang berada di Kapal pesiar Viking Sun. Kapal asal Darwin, Australia tersebut dilarang merapat ke Semarang.

Hingga Kamis (5/3/2020), kapal yang membawa sebanyak 1.600 wisatawan itu tersebut masih tertahan di perairan Semarang. Petugas medis masih memeriksa penumpang untuk mengetahui apakah di antara mereka ada yang suspect Corona COVID-19 atau tidak.

Terkait hal tersebut, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, pihak yang mengecek para penumpang Viking Sun dari Kantor Kesehatan Pelabuhan. Tidak hanya wisatawan saja yang dicek, tapi juga para awak kapal.

“Semoga hari ini ada hasilnya. Hasil pemeriksaan saya minta untuk segera diberikan kepada Wali Kota Semarang agar dirapatkan dan diambil keputusan,” kata Ganjar ditemui usai meninjau Gedung Balai Kesehatan Masyarakat di Tegal.

Sedianya kapal dari Darwin tersebut bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, setelah dari Labuan Bajo. Setelah dari Kota Lunpia, para wisatawan direncanakan ke Surabaya dan Bali. Namun, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menolak kedatangan kapal itu, karena diduga ada dua penumpang yang menjadi suspect Corona.

Ganjar menyatakan berharap, semua penumpang dinyatakan sehat dan tidak ada yang menjadi suspect. Namun, jika dari hasil pemeriksaan KKP dinyatakan ada yang menjadi suspect Corona, dirinya akan menerapkan SOP penanganan.

“Sesuai SOP, jika ada yang dinyatakan sebagai suspect Corona harus dikarantina 14 hari. Yang dikarantina tidak hanya suspect, tapi seluruh penumpang. Itu SOP-nya, kalau tidak mau dikarantina ya silakan berlayar pulang ke tempat asal,” ujar Ganjar.

Ganjar menambahkan, pengecekan terhadap penumpang kapal pesiar Viking Sun lanjut Ganjar adalah protokol keamanan di Jawa Tengah. Pihaknya meminta semua hati-hati, tapi tidak boleh paranoid dan ketakutan.

“Kalau hasil pengecekan menyatakan semua wisatawan di kapal pesiar itusehat, maka Pemkot Semarang saya minta agar mereka diguide dengan baik mau piknik kemana. Kalau mereka sehat, maka sya ingin agar pariwisata bisa tetap dikelola. Ndak usah takut,” katanya.

Editor: Suwoko

Tinggalkan Balasan

25,936FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,293PengikutMengikuti
19,146PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Viral dan Bikin Penasaran, Ini Tempat Jual Odading di Kudus yang Sudah Laris Sejak 90an

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi Jalan Johar, Kelurahan Wergu Kulon, Kecamatan Kota Kudus, tampak seorang perempuan berjilbab sedang melayani pelanggan. Dia terlihat...

Harganya Cocok untuk Orang Kudus, Kopi Rata Kiri Memang Bikin Betah Saat Nongkrong

BETANEWS.ID, KUDUS - Lampu filamen kuning terlihat berpendar di sekitar Kopi Rata Kiri, di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, sore...

Gowes Ngehits, Bengkel Serba Bisa Milik Kaozan Kebanjiran Orderan Bikin Motor Sepeda

BETANEWS.ID, KUDUS - Suasana Jalan Kudus - Purwodadi siang itu tampak ramai. Suara bising kendaraan lewat seolah menutup suara raungan mesin gerinda...

Bisa Tingkatkan Imun Tubuh, Konsumsi Buah Nasional Meningkat Sejak Pandemi

Penulis: Sumardi Dosen Program Studi Teknologi Pangan, Unika Soegijapranata Pandemi...

Disaingi Bata Ringan, Burngawi Resah Bata Merahnya Susah Laku

BETANEWS.ID, KUDUS – Teriknya matahari seperti tak pernah menyurutkan semangat dua orang di area lahan pembuatan bata merah, Desa Jepang Pakis, Kecamatan...

Dua Pabrik Tahu Ditutup, Pengusaha : ‘Saya Tidak Langsung Stop, Masih Berpatokan Pada Berita Acara’

BETANEWS.ID, KUDUS - Di luar Balai Desa Pasuruhan Kidul, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, sekitar 60 warga terdengar berorasi meminta pabrik tahu di...

Serba Bisa, Bengkel Spesialis Kustom Legendaris di Kudus Sejak 1985

BETANEWS.ID, KUDUS - Dua orang pria terlihat sibuk di bengkel yang berada di Desa Tanjung Karang, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Dua orang...