31 C
Kudus
Rabu, April 1, 2020
Beranda Jateng Jateng Terima 1000...

Jateng Terima 1000 VTM, Alat yang Langka untuk Mengecek Corona

BETANEWS.ID, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima bantuan alat untuk mengecek Covid-19, Kamis (26/3/2020). Alat berupa Virus Transfer Media (VTM) tersebut didapat dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman (LBME) Jakarta.

Ganjar mengatakan, alat yang sekarang ini sangat langka tersebut diterimanya sebanyak 1.000 unit. Alat tersebut sangat penting untuk proses pengecekan pasien sedang terjangkit virus corona atau tidak.

“Kami menerima 1.000 unit VTM. Bantuan ini dari lembaga yang ditunjuk pemerintah dalam penanganan virus corona,” ungkap Ganjar saat menerima alat tersebut di rumah dinasnya, Puri Gedeh, Semarang, pagi ini.

Didampingi Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Tengah, Ganjar menjelaskan, VTM adalah sejenis tabung yang dipergunakan untuk meletakkan spesimen dari pasien. Metode yang digunakan untuk pengambilan spesimen yakni Swap.

Baca juga: Warga Terdampak Covid-19 Akan Dapat Bansos dari Pemprov Jateng

“Setelah spesimen diletakkan di VTM, Swab dibawa ke laboratorium pemeriksaan untuk diketahui apakah pasien yang diduga terjangkit, positif atau negatif corona. Jadi kami sangat beruntung mendapat alat ini,” ujar Ganjar.

Setelah mendapat alat tersebut, Dia mengatakan segera menyerahkannya ke Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Dinas Kesehatan kemudian akan mendistribusikan alat ini ke rumah sakit-rumah sakit yang ditunjuk untuk penanganan kasus corona.

Baca juga: APD Mulai Didistribusikan ke 61 Rumah Sakit di Jateng

Menurutnya, bantuan VTM tersebut merupakan hasil dari ikhtiar pemerintah untuk memenuhi segala kebutuhan penanganan kasus corona. Selain bantuan VTM, Pemprov Jateng sebelumnya juga telah menerima sejumlah bantuan, di antaranya hand sanitizer, multi vitamin dan sejumlah Alat Pelindung Diri (APD).

Pemerintah, lanjut Ganjar terus berupaya sekuat tenaga untuk mencegah virus corona menyebar lebih luas di provinsi yang ia pimpin. Dia meminta masyarakat untuk mematuhi aturan yang dibuat pemerintah untuk memutus rantai penyebaran corona.

Baca juga: Bantuan Terus Berdatangan untuk Penanggulangan Corona di Jateng

“Kami (pemerintah) terus berikhtiar sampai jungkir balik untuk mengatasi persoalan ini. Saya mohon kepada masyarakat, tolong bantu kami untuk tetap di rumah. Sakit memang, namun ini demi kepentingan orang banyak dan rasa kemanusiaan,” pintanya kepada masyarakat.

Editor: Suwoko

Tinggalkan Balasan

20,599FansSuka
13,415PengikutMengikuti
4,309PengikutMengikuti
10,120PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

1,8 Juta Warga Jateng Akan Terima BLT, Anggaran Rp 1,4 T Sudah Disiapkan

BETANEWS.ID, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jateng telah menyiapkan dana sebesar Rp 1,4 triliun untuk menanggulangi kasus penyebaran virus corona. Dana tersebut akan...

Polisi Kudus Datang, Kerumunan Muda-Mudi Tunggang-Langgang

BETANEWS.ID, KUDUS - Suara sirine dari mobil polisi memecah suasana malam di sekitar GOR Bung Karno Kudus, Sabtu (28/3/2020) malam. Dari pengeras...

Produksi Dupa di Kudus Terdampak Corona

BETANEWS. ID, KUDUS - Aroma dupa tercium di sebuah ruangan berukuran 4,5 x 3 meter di Desa Loram Kulon, RT 01 RW...

Peduli Pencegahan Corona, Pemdes Jepang Adakan Penyemprotan Disinfektan

BETANEWS.ID, KUDUS - Sebuah mobil pick up terlihat melintas di sebuah jalan di Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Terdengar suara dari...

Jokowi ke Gubernur: Tirulah Jateng, Anggarkan Warga Terdampak Corona!

BETANEWS.ID, SEMARANG - Presiden Jako Widodo memerintahkan semua kepala daerah untuk meniru langkah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam mengatasi kasus dan dampak...

Perangi Covid-19, Rumah Warga Ketitang Wetang Kembali Disemprot Disinfektan

BETANEWS.ID, PATI -Wabah Covid-19 kian membuat warga berbondong-bondong mencari langkah-langkah pencegahan awal. Tak terkecuali warga Desa Ketitang Wetan, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati...

Sembilan Jurnalis Pati yang Kontak dengan Mbah Roso Dinyatakan Negatif Covid-19

BETANEWS.ID, PATI – Sembilan wartawan di Kabupaten Pati telah menjalani rapid test, yang diadakan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati di halaman Stadion...