31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Selain Cepat dan Praktis, Layanan Mobil SIM Keliling Juga Bisa Digunakan Masyarakat Luar Kudus

SEPUTARKUDUS.COM, SIMPANG TUJUH – Sejumlah orang tampak duduk di kursi tak jauh dari Mobil Isuzu ELF bernomor polisi IX-1602-43, saat berlangsungnya Car Free Day (CFD) di Simpang Tujuh Kudus, akhir pekan lalu. Mobil SIM Keliling warna putih bergaris biru dan merah itu digunakan Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Kudus untuk pelayanan perpanjang masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM). Masyarakat tampak antusias menggunakan layanan tersebut, karena dinilai lebih cepat dan praktis.

Layanan Mobil SIM Keliling Kudus di CFD Alun-alun SImpang Tujuh 2017_4
Layanan Mobil SIM Keliling Kudus di CFD Alun-alun SImpang Tujuh. Foto: Imam Arwindra

Di antara yang memanfaatkan pelayanan mobil SIM keliling yakni Laila Suci Amalia (29) warga Desa Barongan, Kecamatan Kota. Menurutnya, adanya pelayanan mobil SIM keliling sangat membantunya dalam memperpanjang SIM A miliknya. Dirinya menuturkan, tanggal 17 Mei 2017 lusa SIM A yang dimilikinya masa berlakunya sudah habis. “Iya sangat membantu. Cepat dan praktis,” ungkapnya saat ditemui selepas perpanjang SIM A.

Baca juga:

-Advertisement-

Menurutnya, adanya pelayanan SIM Keliling saat car free day juga mempermudahnya dalam mengakses layanan. Menurutnya, selain hari Minggu dirinya harus bekerja di kantor. Dirinya berharap setiap Minggu di car free day ada pelayanan SIM yang dilakukan Polres Kudus. “Iya berharap setiap car free day ada pelayanan SIM. Karena pasti sangat membantu masyarakat yang libur kerja di hari Minggu,” tambahnya.

Bripka Susilo Operator Mobil SIM Keliling menuturkan, sejak pukul 06.00 WIB pihaknya sudah membuka pelayanan SIM keliling di kegiatan car free day Alun-alun Simpang Tujuh Kudus. Menurutnya, terdapat sejumlah 30 orang yang memanfaatkan layanan perpanjang SIM A maupun SIM C. “Disini sudah tersedia dokter dan pegawai bank untuk pembayaran,” tuturnya.

Menurutnya, selama hari Minggu saat car free day pihaknya akan memberikan pelayanan perpanjangan SIM A dan C. Bripka Susilo mengingatkan, untuk pelayanan selain perpanjang SIM A dan C masih harus dilakukan di Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Kudus. “Syarat perpanjangan SIM A dan C, foto kopi KTP dan SIM lama dibawa,” tambahnya.

Dia menjelaskan, mobil SIM Keliling juga bisa dimanfaatkan untuk masyarakat luar Kabupaten Kudus. Menurutnya, sistem pelayanan mobil SIM keliling terkoneksi langsung dengan data yang ada di Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri). Jadi masyarakat luar Kabupaten Kudus juga bisa melakukan perpanjangan SIM A dan SIM C di mobil SIM keliling Polres Kudus. “Harganya pun sama SIM A sebesar Rp 80 ribu dan SIM C Rp 75 ribu,” tambahnya.

Ke depan menurut Bripka Susilo pelayanan SIM juga akan dilakukan di setiap kecamatan di Kabupaten Kudus. Jadwal yang digunakan rencananya disamakan dengan bus Pelayanan Samsat Keliling. Diketahui, pelayanan Samsat Keliling di Kudus yakni Senin Kecamatan Jekulo, Selasa Kecamatan Gebog, Rabu Kecamatan Undaan, Kamis Kecamatan Dawe, Jumat Kecamatan Kaliwungu dan Sabtu Kecamatan Jati. “Jadi nanti pelayanan bersama-sama dengan mobil Samsat,” tuturnya.

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER