31 C
Kudus
Sabtu, Juni 22, 2024

Berkat Modifikasi Kartu Remi, Siswi SMA Mentenx Singkirkan SMA Negeri Favorit se-Jateng

SEPUTARKUDUS.COM, KOTA – Gadis berkerudung biru selalu tersenyum saat memamerkan piala di Ruangan Kepala Sekolah SMA PGRI 1 Kudus, Kamis (2/6/2016). Gadis itu bernama Nikmatul Nafiyah, yang baru saja memenangi Lomba Karya Ilmiah Pahlawan Nasional tingkat SMA se-Jawa Tengah. Meski dari sekolah swasta, dia tetap percaya diri. Terbukti mampu menyingkirkan sekolah-sekolah negeri favorit di Jateng dan menjadi juara.

sma pgri 1 kudus juara kir jateng
Nikmatul Nafiyah didampingi Bambang Sugiarto, menunjukkan piala yang baru saja diraihnya dalam Lomba Karya Ilmiah Pahlawan Nasional tingkat SMA se-Jawa Tengah. Dia berhasil menyingkirkan wakil-wakil sekolah negeri favorit dan menjadi juara. Foto: Imam Arwindra

Kepala Sekolah SMA  PGRI 1 Kudus Bambang Sugiarto (37) menuturkan, piala tersebut didapatkannya dalam lomba yang diselenggarakan Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, Rabu (1/6/2016). Dia mengungkapkan, SMA PGRI 1 Kudus merupakan SMA swasta satu-satunya yang mengikuti lomba bergengsi tersebut.

“Kami langsung ditunjuk Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus untuk mewakili Kudus dalam lomba tersebut. Setelah lolos seleksi makalah, ternyata kami satu-satunya sekolah swasta yang lolos babak selanjutnya,” ungkapnya, ketika ditemui di SMA PGRI 1 Kudus, Kamis (2/6/2016).

-Advertisement-

Dia menjelaskan, lomba tersebut diikuti perwakilan setiap kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Tahapannya, seleksi makalah. Jika lolos akan dipanggil ke Semarang untuk presentasi. “Yang lolos 10 sekolah saja. Selanjutnya presentasi di Semarang 1 Juni 2016 kemarin,” tambahnya.

Adi Wibowo (28), pembimbing lomba menuturkan, Nikmatul Nafiyah merupakan siswa kelas XI IPS. Bersama muridnya dia memilih judul “Model Pengenalan Pahlawan Nasional Pangeran Samber Nyowo Melalui Permainan Kartu Edukatif Dalam Upaya Meningkatkan Semangat Juang Peserta Didik”. 

Permainan Kartu Edukatif Dalam Upaya Meningkatkan Semangat Juang Peserta Didik karya siswa SMA PGRI 1 Kudus. Foto: Imam Arwindra

Dia menjelaskan, permainnya seperti memainkan kartu remi. Namun kartu tersebut bergambarkan pejuang-pejuang Indonesia. “Kartunya bertuliskan informasi sejarah perjuangan pejuang Indonesia. Dari mulai perjalanan hingga bentuk perjuangannya,” jelasnya.

Menurutnya, ide ini banyak muncul dari siswinya. Dia hanya membimbing dan mengarahkan. Dia menuturkan, gagasan ini bisa meraih juara karena lebih aplikatif. “Peserta yang lain kebanyakan terlalu teoritis,” ungkapnya.

Adi melanjutkan, dengan media kartu, selain bisa bermain juga sekaligus bisa belajar. “Kita asik bermain kartu juga bisa tahu pahlawan-pahlawan yang ada di Indonesia,” tambahnya.

Dilansir dari akun resmi Twitter Dinsos Jateng, Lomba Karya Tulis Kepahlawanan dimenangi SMA PGRI 1 Kudus sebagai juara, SMAN 1 Wonosobo sebagai pemenang kedua, dan SMAN 3 Demak pemenang ketiga.

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER