31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaKUDUSTernyata Menara Kudus...

Ternyata Menara Kudus Pernah Diabadikan Dalam Uang Kertas Rp 5000

SEPUTARKUDUS.COM – Gambar Menara Kudus ternyata pernah diabadikan dalam uang kertas pecahan Rp 5000. Hal itu terjadi sekitar 20 tahun lampau, tepatnya pada 1986. Uang bergambar Menara Kudus tersebut beredar hingga tahun 1992.

Menara kudus uang kertas Rp 5000
Menara Kudus diabadikan dalam uang kertas pecahan Rp 5000.

Dalam gambar tersebut tampak sketsa gambar Menara Kudus yang di sampingnya tak tampak kubah Masjid Al-Aqsha seperti saat ini. Di depan pagar tersebut tampak sebuah pohon, yang saat ini lokasinya telah menjadi taman. Sketsa gambar tersebut sangat mirip dengan foto Menara Kudus dalam arsip yang disimpan situs online di Belanda berikut ini. 

Foto bangunan Menara Kudus yang diambil pada tahun 1900. (foto KITLV)

Dalam foto di atas, kubah Masjid Al-Aqsha tidak tampak karena belum dibangun. Yang tampak hanya atap masjid cungkup. Di depan bangunan Menara Kudus tersebut juga terdapat sebuah pohon, sangat mirip dengan sketsa gambar yang ada di pecahan uang kertas Rp 5000. 

- Ads Banner -

Uang kertas yang diproduksi Bank Indonesia pada pemerintahan Orde Baru tersebut memiliki warna dominan hijau, coklat, dan kuning. Di samping sketsa juga tertera tulisan Menara Kudus. Sedangkan di balik sketsa gambar Menara Kudus, terdapat gambar pahlawan Indonesia Teuku Umar. 

uang kertas Rp 5000

Uang kertas pecahan Rp 5000 bergambar Menara Kudus dan Teuku Umar itu hanya berdar sekitar tujuh tahun. Setelah uang tersebut ditarik dari peredaran, uang kertas dengan nilai pecahan yang sama diganti dengan gambar sasando rote dan danau Kelimutu dengan warna dominan kuning.   

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler