31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaKUDUSKiai Said: Islam...

Kiai Said: Islam Nusantara Benteng Islam dari Timur

SEPUTARKUDUS.COM – Ketua Umum Tanfidziyah Pengurus Besar (PB) Nahdhatul Ulama (NU) KH Said Aqil Siradj menyatakan, Islam Nusantara merupakan benteng Islam di wilayah timur. Eksistensi Islam Nusantara yang melebur dengan budaya masyarakat, yang menyatukan Islam dan kebangsaan, menjadi harapan di tengah carut-marutnya umat Islam di Timur Tengah.

“Kita beruntung memiliki KH Hasyim Asyari (pendiri NU) yang memiliki pemikiran modern. Beliau menggabungkan ke-Islam-an dan nasioalisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sehingga Islam masih memiliki eksistensi hingga saat ini,” kata Kiai Said saat menjadi pembicara dalam acara Suluk Maleman, di Pati, Sabtu (27/2/2016) malam.

Setelah Khilafah Turki Ustmani runtuh pada 1928, kata Kiai Said, di negara-negara bekas kekuasaan, antara ulama dan kelompok sekuler sangat bertentangan. Kedua kelompok tersebut terlibat perselihan dalam perebutan kekuasaan dan pertumpahan darah. Sebagian besar negara-negara tersebut dimenangkan kelompok sekuler. Di antaranya di Turki, Irak, Libya, dan lain sebagainya.

- Ads Banner -

“Saat ini kondisi umat Islam di Timur Tengah sedang hancur. Karena di sana tidak memadukan nasionalisme dan Islam. Hanya di Indonesia inilah, Islam masih terjaga. Dengan ciri Islam Nusantara inilah, kita menjadi benteng Islam dari timur,” ujar kiai yang pernah menetap belasan tahun di Saudi Arabia tersebut, di hasapan ratusan pengunjung yang hadir.

Selain Kiai Said, hadir pula KH Yusuf Chudlori dan Kiai Budi Harjono. Acara Suluk Maleman digelar setiap bulan di Pati oleh Sampak Gusuran, pimpinan Anis Soleh Ba’asyin. Acara tersebut selalu menghadirkan tokoh-tokoh nasional sebagai pembicara.

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler