31 C
Kudus
Selasa, Juni 18, 2024

Merdeka Itu Ketika Tak Ada Jalan Rusak di Kudus

SEPUTAR KUDUS – Jalan penghubung desa di Gribik, Kudus, rusak.

SEPUTAR KUDUS – Masyarakat memiliki pandangan berbeda tentang makna kemerdekaan. Namun, bagi masyarakat di Kecamatan Undaan, khususnya yang terdampak bobroknya infrastruktur jalan, mungkin akan menilai, merdeka itu ketika tidak ada jalan rusak.

“Kudus itu kota industri,  kabupaten yang relatif lebih maju dibanding dengan kabupaten lain di Pantura timur. Pembangunannya relatif bagus dibanding kabupaten lain. Tak mungkin ada inftrastruktur jalan rusak”

Kalimat tersebut mungkin benar, tapi juga bisa salah. Benar memang, jalan-jalan perkampungan, khususnya di Kecamatan Undaan, bisa dikatakan tak ada yang jelek. Bahkan sebagian besar dibuat dari beton, mulus. Tapi salah jika dikatakan tidak ada jalan rusak. 

-Advertisement-

Di jalan penghubung Desa Kalirejo dan Desa Berugenjang, kondisinya memprihatinkan karena rusak parah. Demikian halnya dengan kondisi penghubung Desa Glagah Waru dan Desa Kuthuk. Kondisi tersebut telah berlangsung beberapa tahun terakhir, tanpa ada upaya perbaikan.

Kenapa jalan kampung bisa bagus, sedangkan jalan penghubung desa kondisinya memprihatinkan? Jalan kampung dibangun secara swadaya oleh masyarakat. Jangankan jalan, gapura desa saja yang hanya kebutuhan tersier masyarakat, didibangun sedemikian megahnya. Apalagi jalan yang merupakan kebutuhan primer masyarakat.

Lalu, kanapa jalan penghubung desa dibiarkan dengan kondisi seperti itu? Tanyakan saja pada pemangku kebijakan di kabupaten salah satu penyumbang pajak tembakau terbesar di Indonesia ini. Merdeka!!! (Mase Adi Wibowo)

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER