31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Kemacetan Jalan Kudus-Purwodadi Buat Sopir Bermalam di Emper Rumah Warga

BETANEWS.ID, KUDUS – Jalan Kudus-Purwodadi tepatnya di Desa Kalirejo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, macet total akibat adanya kendaraan yang terperosok tanah yang amblas. Kendaran bermuatan material pasir kuarsa itu berhenti di tengah jalan dengan kondisi setengah jalan lainnya baru dicor.

Hal itu mengakibatkan kendaraan lain yang melintas di jalur tersebut tersendat dan alami kemacetan panjang sejak Senin (8/7/2024) malam.

Kemacetan di Jalan Kudus-Purwodadi, Desa Kalirejo, Undaan karena ada truk terperosok. Foto: Kaerul Umam

Salah satu pengendara yang terjebak macet, Sutarto mengaku mulai terjebak macet sejak Senin (8/7/2024) pukul 23.30 WIB. Dirinya yang ingin memuat air Aqua mengambil ke Solo tak bisa melintas dan rela bermalam di emper rumah warga.

-Advertisement-

Baca juga: Jalan Kudus-Purwodadi Mulai Diperbaiki, Anggarannya Capai Rp2,9 M

“Mau nggak mau bermalam di sini sampai proses evakuasi selesai. Tadi dari informasi dari alat berat sudah koordinasi dengan pengendara mobil tersebut dan pihak driver menunggu informasi dari perusahaan,” katanya saat ditemui, Selasa (9/7/2024).

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya menunggu proses evakuasi selesai, sehingga kendaraannya bisa melintas dengan normal. Sutarto tak sendirian bermalam di emper rumah warga. Setidaknya ada 17 orang rombongan dari driver Aqua, baik dari arah Utara maupun dari arah Selatan.

“Harapannya semoga cepat diselesaikan agar cepat kita melintas kembali normal,” jelasnya.

Ditemui terpisah, Wakapolsek Undaan, Iptu Giri Waluyo menyampaikan, bahwa kejadian kecelakaan tunggal tersebut berdasarkan laporan dari saksi, terjadi Selasa (8/7/2024) pukul 1.30 WIB. 

“Kronologis kejadian, bahwa truk ini bermuatan material pasir kuarsa dari arah Utara ke Selatan. Berhubung jalan setengahnya baru dicor, akhirnya dia ambilnya agak terlalu kanan. Dengan kondisi hujan deras, tanah ini labil, sehingga dia terlalu kanan malah mbrosok. Untuk kerugian baik material dan korban jiwa tidak ada,” ujarnya.

Baca juga: Perbaikan Jalan Kudus-Purwodadi Akan Dilaksanakan Awal Juli

Ia menjelaskan, sejauh ini sudah dilakukan untuk penutupan jalan baik dari arah Utara maupun Selatan, dengan membuat rambu-rambu peringatan. Menurutnya, kendaraan yang masih terjebak macet dari arah Utara ada sebanyak 10 kendaraan besar. Sementara dari arah Selatan masih ada 10-15 kendaraan.

“Kemudian untuk kendaraan kecil sudah mulai putar balik, akhirnya antreannya tidak terlalu banyak. Untuk antisipasi kemacetan dari Polsek Undaan menghubungi primpo untuk menyiapkan rambu-rambu dan sudah dilaksanakan,” tuturnya.

Ia menuturkan, proses evakuasi kendaraan yang membuat kemacetan di jalur tersebut diminta untuk secepatnya melakukan dan menurunkan muatan. Jika hal tersebut sudah dilakukan, pihaknya akan mencoba mencarikan truk sama untuk menarik kendaraan.

“Kita meminta secepatnya proses evakuasi kepada pemilik armada, tapi kalau ada kesulitan kami siap bantu. Tadi pagi sudah ada derek, tapi untuk kapasitas dengan kendaraan berat ini tidak kuat, akhirnya balik kanan,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER