31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Usai Salat Iduladha, Warga Desa Wedusan Gelar Tradisi Kondangan

BETANEWS.ID, PATI – Di berbagai daerah Indonesia, aneka tradisi masih berlangsung dan selalu langgeng dalam momen perayaan Hari Raya Iduladha. Di sebagain besar wilayah Pati, salah satu adat yang selalu terpelihara adalah kondangan. Kondangan di momen Iduladha bukan berarti menyumbang orang hajatan sebagaimana umumnya di Indonesia.

Namun, kondangan di sini adalah orang-orang datang ke musala atau masjid dengan membawa berkat (makanan dalam nampan) untuk didoakan bersama-sama.

Berkat satu nampan biasanya berisi nasi putih, lauk pauk khas setempat berupa tempe orek, mie goreng, kacang panjang goreng, peyek, udang, ikan bandeng, tempe goreng, telur, atau ayam.

-Advertisement-

Baca juga: Berebut Berkah, Belasan Gunungan di Punden Mbah Mursyidin Ludes Diserbu Warga

Sebagian warga juga biasanya membawa berkat berupa jajanan hingga buah-buahan. Warga yang membawa berkat tersebut, biasanya juga menyiapkan wajid atau sejumlah uang untuk sedekah yang diberikan sebagai infak untuk musala atau masjid yang digunakan sebagai lokasi kondangan.

Tidak ada patokan besaran wajid yang harus dibawa tiap orang saat kondangan. Umumnya, untuk ukuran desa saat ini wajid setiap berkat adalah berkisar antara Rp5.000 sampai dengan Rp10.000.

Kondangan di masjid atau musala seusai Salat Iduladha umumnya diikuti oleh masyarakat yang tinggal di sekitar lingkungan tersebut.

Baca juga: Perang Obor, Tradisi Ekstrem Penolak Balak di Tegalsambi Jepara

Setelah semua warga berkumpul di musala atau masjid, mereka terlebih dahulu menjalankan Salat Id. Seteleh selesai, mereka mengepung berkat yang sudah ditata.

Selanjutnya, kiai atau ustaz setempat akan memimpin doa dengan terlebih dahulu berkirim doa. Setelahnya, mereka akan makan bersama. Mereka menggunakan alas makan seadanya, mulai daun pisang hingga kertas minyak.Tradisi ini juga diiringi dengan ngobrol menjalin keakraban antarwarga.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER